TIPS BELANJA EFEKTIF

image

Buat para cewek, atau bisa jadi cowok juga nih, biasanya suka lapar mata saat lagi jalan-jalan / hang out bareng sama temen-temen. Wah, apalagi kalau ada iming-iming diskon besar-besaran, hmm bisa-bisa lupa daratan, haha. Eits hati-hati kantong jadi bolong gara-gara kebiasaan buruk ini. Nah, kalau gitu biar lebih efektif bin ekonomis, yuk cek tips belanja berikut ini.

1. Buat daftar barang belanjaan
Jangan lupa bikin daftar belanjaan sebelum kamu memutuskan untuk pergi berbelanja. Membuat daftar barang-barang yang kita butuhkan akan membuat kita lebih fokus dan menghemat waktu saat belanja.

2. Beli sesuai sama kebutuhan
Saat membeli sesuatu, pastikan dalam ukuran maupun jumlah sesuai dengan yang memang kamu butuhkan saat itu. Membeli secara berlebihan, bisa membuat barang jadi sisa-sisa dan mubadzir loh nantinya. Terutama buat produk makanan, daripada ditimbun jadi basi, sayang kan..mending secukupnya aja ya.

3. Lihat situasi dan kondisi
Saat berbelanja jangan sampai dalam keadaan tergesa-gesa. Belanjalah dalam keadaan rileks dan tenang. Karena berbelanja dalam keadaan terburu-buru bisa bikin kita mengambil barang sekenanya. Bahaya nih bisa-bisa barang yang nggak kita perluin terpaksa nyangkut di belanjaan, atau barang yang kita beli kualitasnya seadanya gara-gara keburu itu tadi. Akibatnya malah mubadxir lagi deh nggak kepakai.

4. Tahan diri
Ini dia kunci keberhasilan belanja efektif bisa berhasil. Niat buat nahan diri kamu nggak tergoda sama iming-iming diskon yang ada, atau pada sekedar barang yang nggak terlalu kamu butuhin. Konsisten sama apa yang udah kamu tulis di daftar belanjaan, kalau perlu bawa teman yang bisa ngingetin kamu biar nggak kalap belanja.
Semoga berhasil ya 😉

Sumber foto: http://timebusinessblog.files.wordpress.com/2012/08/107428671- e13446287357841.jpg?w=480&h=320&crop=1

Leave a Reply