Stimulasi Kecerdasan Spiritual (SQ) Bayi Melalui Bacaan Doa Sehari-Hari

Membiasakan diri untuk senantiasa ingat kepada Allah, itulah yang ingin kami ajarkan pada buah hati kami, Yusuf (kini usianya hampir 6 bulan). Doa merupakan salah satu sarana paling dekat yang bisa diajarkan kepada anak sedari dini, bahkan di usia anak yang masih terbilang bayi. Berdoa bisa dilakukan di setiap kegiatan, saat akan memulai maupun mengakhiri. Minimal kami mengajarkan untuk membaca basmallah dan hamdalah.

Adapun doa-doa keseharian yang telah rutin dan hingga saat ini kami ajarkan pada Yusuf, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Doa sebelum tidur

2. Doa bangun tidur

3. Doa mau makan/minum

4. Doa selesai makan/minum

5. Doa ketika keluar rumah

6. Doa hendak masuk kamar mandi

7. Doa keluar kamar mandi

Dengan mengajarkan untuk senantiasa berdoa kepada anak sedari dini, diharapkan nantinya anak selalu ingat pada Allah di setiap aktivitas yang ia lakukan. Selain itu hal ini secara langsung dapat menanamkan pada anak tentang arti keimanan, keberadaan Allah sang Pencipta, yang senantiasa memberi pertolongan. Kedepannya kami akan mengajarkan doa-doa keseharian lain sekaligus memahamkan arti dari doa yang dibaca. Kami percaya bahwa kebiasaan baik yang kami ajarkan semenjak masih bayi juga akan berdampak besar pada perkembangan kecerdasan spiritualnya kelak. Aamiin yarobbal alamiin, Inshaa Allah.

Sumber gambar: Diambil dari aplikasi Marbel Doa Anak Muslim (persembahan educastudio.com)

Leave a Reply