Stimulasi IQ Bayi dengan Membaca Bersama

Memiliki anak yang pintar dan cerdas tentu menjadi salah satu kebanggaan orangtua. Kepintaran dan kecerdasan seringkali dikaitkan dengan tingkat IQ seseorang. Kecerdasan Intelektual, atau juga biasa disebut dengan IQ (Intelligence Quotient) memang perlu diasah sedari dini, bahkan semenjak anak masih bayi agar hasilnya maksimal.

Psikolog Vera Itabiliana, Psi. (dalam fimela.com) mengungkapkan bahwa kecerdasan intelegensi bukan hanya diukur dari pintar tidaknya anak dalam hal berhitung atau membaca saja. Kecerdasan ini juga mencakup kemampuan mental yang dibawa sejak lahir untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru serta memecahkan masalah secara cepat dan tepat. Selain itu ia juga memaparkan bahwa anak yang cerdas akan mampu berpikir secara logis untuk menyelesaikan setiap tantangan serta membuat anak menjadi kreatif.

Sumber gambar: Dokumentasi pribadi

Agar kecerdasan ini dapat terus terasah dengan baik, sebagai orangtua hendaknya kita aktif memberikan stimulasi kepada anak sedari dini. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merangsang kecerdasan intelektual anak sejak bayi, yang juga telah kami lakukan pada anak kami, Yusuf (5,5 bulan) adalah dengan mengajaknya membaca buku bersama. Kegiatan membaca bersama telah kami mulai sejak ia berumur 3 bulan. Buku-buku yang kami kenalkan padanya tentu saja buku khusus anak yang dihiasi gambar warna-warni dan minim tulisan. Saya mengajak Yusuf untuk membaca buku bersama biasanya di pagi dan siang hari di sela-sela waktu bermainnya. Ia sangat antusian melihat gambar yang ada di buku sekaligus mendengar permainan intonasi yang saya bawakan saat menarasikan tiap gambar yang dilihatnya. Apalagi sejak ia sudah mulai bisa duduk, kini ia jadi ikut-ikutan ingin pegang bukunya sendiri, hihi.

Referensi:
FimelaFamily Editor. 2015. “Penting Mengasah IQ Anak Sejak Dini”. [Online]. Tersedia di https://m.fimela.com/family/anak/cerdas-aktif/penting-mengasah-iq-anak-sejak-dini-140407r-page2.html. Ditulis pada 21 Januari 2015. [Diakses pada 12 Januari 2018 pukul 21.15 WIB].

Leave a Reply