10 Kelebihan Aplikasi “Catatan Keuangan”, Solusi Istri Mencatat Keuangan Keluarga!

Kali ini aku akan mereview salah satu aplikasi yang bisa Mommy gunakan untuk mempermudah Mommy melakukan manajemen keuangan keluarga. Nah ini dia salah satu tugas penting Mommy di keluarga, yaitu sebagai manajer keuangan. Oleh karena itu, peran Mommy dalam melakukan kebijakan hingga pencatatan keuangan keluarga menjadi salah satu peran yang sangat penting di dalam rumah tangga.

Saat ini sih, jujur aku juga masih terus belajar agar bisa mengelola keuangan keluarga agar senantiasa sehat. Menabung, berinvestasi, atau berbisnis bisa jadi salah satu langkah menambah pendapatan dan ada pula yang menganggapnya sebagai salah satu cara menjaga kestabilan keuangan keluarga. Tapi ada hal yang perlu kita ingat loh Mom! Ada hal sepele, seringkali terlewatkan dan terabaikan, tapi sebenarnya memiliki peran amat penting dalam keluarga, yaitu melakukan pencatatan perencanaan dan arus keluar-masuk pendapatan keluarga.

Nah dalam melakukan pencatanan keuangan keluarga, aku telah menggunakan sebuah aplikasi keuangan harian yang bernama “Catatan Keuangan”. Layaknya aplikasi android yang telah aku review sebelumnya, aplikasi kali ini juga bisa Mommy dapatkan secara gratis melalui Google PlayStore dan AppStore.

“Catatan Keuangan” bisa Mommy gunakan untuk mencatat aktivitas keuangan, baik pencatatan pengeluaran dan pemasukan uang kita. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, desainnya simple, namun banyak fitur-fitur fungsional yang ada di dalamnya.

Lalu, pencatatan keuangan seperti apakah yang dapat kita lakukan melalui aplikasi ini? Apa yang menjadi kelebihan aplikasi ini dibanding aplikasi pencatatan keuangan lain? Melalui aplikasi “Catatan Keuangan” kita bisa :
1. Mencatat pengeluaran /pembelanjaan uang harian (daily expense).
2. Mencatat pendapatan (income).
3. Membuat laporan pengeluran dan pendapatan.
4. Menghitung selisih.
5. Membuat laporan per bulan
6. Menyalin dan menyimpan laporan dalam format excel (xls / spreadsheet).
6. Membuat laporan semua aktivitas keuangan per transaksi, sehingga mempermudah kita untuk melakukan evaluasi dengan melihat riwayat pengeluaran sebelumnya. Kita bisa melihat laporan keseluruhan yang kita catat, bulanan, mingguan, harian, atau berdasarkan kategori yang kita buat.
7. Melakukan penyuntingan (edit) dan menambahkan kategori pengeluaran maupun pemasukan keuangan.
8. Mengamankan pencatatan yang kita lakukan dengan adanya fitur pin sebelum masuk aplikasi.
9. Mengganti warna latar (background) pencatatan pada aplikasi sesuai warna favorit kita.
10. Memasang alarm pengingat pada aplikasi, dengan mengatur jam khusus pencatatan. Hal ini agar kita tidak lupa melakukan pencatatan setiap harinya.

Banyak banget ternyata keuanggulannya ya, Mom! Kesanku setelah memakai aplikasi ini, cukup memudahkan dalam melakukan aktivitas pencatatan keuangan keluarga. Mencatat keuangan keluarga secara berkala dapat membantu kita untuk mengontrol pengeluaran dan melakukan evaluasi keuangan setiap bulannya. Selamat mencoba Mommy!

Leave a Reply