Mengenal SEO dalam Dunia Blogging

Blog yang baik adalah blog yang diisi (canva)

Hai Mom, kali ini kita belajar bareng yuk, seputar SEO dalam dunia blogging. Sebagian blogger profesional memang sangat memperhatikan teknik-teknik SEO dalam ngeblog. Sebagian lagi seperti saya masih belajar untuk mempraktikkannya, hehe. Sebenarnya apa sih SEO itu? Sepenting apa sih SEO dan apa saja langkah dasar dalam menerapkan SEO pada blog kita?

Blogging

Melakukan aktivitas blogging saat ini tak hanya sekedar menjadi ajang curhat semata, dulu blog mungkin banyak digunakan hanya sekedar sebagai “diary”, teman sekaligus tempat mencurahkan unek-unek yang ada. Sekarang, tak sebatas disana, aktivitas blogging banyak yang ditekuni secara serius, hingga mendatangkan pundi-pundi. Profesi sebagai seorang blogger pun menjadi sebuah profesi yang banyak diminati dan memiliki tempat spesial di masyarakat millenial saat ini.

Mau menjadi seorang blogger?

Temukan alasan mengapa ingin menekuni blogging. Alasan ini penting untuk mendorongmu bisa terus konsisten dalam blogging.

Manfaat dari blogging

1. Sarana curhat, self healing
2. Mendapat teman & relasi
3. Menyalurkan hobi
4. Melatih kemampuan menulis
5. Mendapat penghasilan dari blogging

Kesempatan yang bisa kita peroleh dari blogging: job review, endorsment, iklan, undangan sebagai pembicara, dan sebagainya.

SEO untuk optimalkan blog (creativeart www.freepik.com)

SEO

Apa itu?
SEO – Search Engine Optimization, adalah serangkaian proses untuk memgoptimalkan blog agar mampu mencapai peringkat optimal pada hasil pencarian search engine, terutama pada mesin pencari Google (Carolin Ratri dalam bukunya, Blogging: Have Fun and Get The Money)

Jadi bisa dibilang juga SEO sebagai suatu proses mengoptimalkan blog/website kita agar disukai oleh Google Search Engine sehingga dinilai paling relevan dengan pencarian yang diperlukan oleh pengguna Google. Pentingnya blog/website muncul pada peringkat pertama/awal dalam hasil pencarian di halaman pertama karena akan lebih banyak klik (atau kunjungan) dari para pengguna internet ke situs kita.

Sebenarnya tiap kita nulis, tidak harus berada di tingkat pertama hasil pencarian, tapi jika bisa akan sangat bagus. Setidaknya kita buat tulisan kita mudah ditemukan dalam pencarian Google.

Biasanya jika blog kita mudah ditemukan dan mampu berada di halaman pertama pencarian untuk keyword tertentu, dianggap dapat memberi traffic dan pengaruh, Google akan percaya untuk menaruh iklan/kampanye produk di blog tersebut.

Tips Dasar SEO

  1. Keyword utama sebagai URL/ alamat blog, tentukan sesuai dengan tema/niche blog, patenkan dan jangan ganti-ganti.
    Contoh: lelysejati.com, inspirasibundamagz.wordpress com
  2. Optimalkan permalink blog, yaitu kata kunci alamat setiap postingan tulisan kita. Bisa jadi kita menulis judul tulisan sifatnya panjang, tidak perlu ditulis semua di “slug”(pada setting tulisan wordpress), tulis kata kuncinya saja Contoh: Judul artikelnya adalah Sembuhkan Luka Masa Lalu dengan Inner Child Healing.
    Url+permalink menjadi
    “lelysejati.com/innerchild/”
  3. Pastikan blog bisa diakses mobile (mobile-friendly)
    Pilih template blog yang responsif
  4. Dapatkan backlink dari blog lain
    Dengan cara komentar/blogwalking ke blog lain, submit blog ke search engines seperti ke Submit Express atau blog directory seperti BlogMonitor, Blogsavenue, dll.
  5. Sering update tulisan
    Ini salah satu kuncinya, jangan malas untuk update tulisan.
  6. Promosi tulisan di media sosial
    Gunakan facebook, twitter, IG atau media sosial yang kita punya untuk promosi tulisan. Ikut komunitas menulis/blog bisa jadi salah satu ajang promosi dan berbagi tulisan.
  7. Pastikan tombol follow ada di blog. Aktifkan melalui tools gadget yang disediakan di platform blog
  8. Riset kata kunci
    Jika serius ingin optimal di SEO, bisa melakukan riset kata kunci, dengan menggunakan keyword suggest dari http://ubersuggest.org/, Google Keyword Planner, Google Trends, Google Alerts, https://moz.com/explorer, dan sebagainya.
  9. Lengkapi pengaturan tulisan
    Isi dan lengkapi pengaturan tulisan kita. Pada wordpress, isi lengkap setiap kategori tulisan, tags, featured image, slug, dan excerpt yang lokasinya ada di bagian post settings pada halaman setiap tulisan.

Nah Mom, itu tadi beberapa teknik dasar SEO yang pernah dan sudah kucoba, walau belum konsisten menggunakan keseluruhannya, terutama bagian riset kata kunci sih, hehe. Kalau dari teman-teman adakah saran atau teknik SEO yang telah digunakan? Sharing yuk!

Leave a Reply