Ajarkan Anak Sayang Hewan Sejak Kecil

Menyayangi sesama ciptaan Allah, yaitu hewan merupakan hal yang dianjurkan dalam Islam. Diriwayatkan dalam sebuah hadist, bahwa manusia dilarang untuk menyiksa dan memerlakukan buruk binatang. “Allah melaknat orang yang menyiksa hewan dan memperlakukannya dengan sadis.” (HR. Bukhari). Maka dari itu penting bagi kita untuk mengenalkan anak tentang kecintaan mengenai binatang.

Mengajarkan anak untuk menyayangi hewan, selain sebagai bentuk keimanan kita terhadap perintah Allah, juga sekaligus sebagai stimulasi kecerdasan spiritual (SQ) bagi sang anak. Oleh karena itu, kami mulai mengenalkan Yusuf, anak kami pada berbagai macam hewan yang ada di lingkungan tempat kami tinggal. Kucing, semut, ikan, dan burung merupakan contoh hewan yang telah kami kenalkan padanya.

Pagi dan sore hari saat mengajaknya bermain di luar rumah, sering kami tunjukkan hewan-hewan yang ada sekaligus menirukan suaranya. Yusuf terlihat sangat giat dan antusias mengenal hewan yang ada, terutama bila melihat kucing. Terkadang kuajak ia untuk memberi makan kucing atau ikan yang kami temui. Kedepannya bila ia sudah bertambah usia, kami ingin mengajaknya untuk mengenal banyak macam hewan di kebun binatang.

Leave a Reply