Permainan Edukatif untuk Bayi : Bermain Cermin

Kali ini Yusuf asyik main cermin sama mama. Bukan diajari untuk makeup-an loh ya 😁, tapi kita sedang belajar mengenal salah satu konsep dasar matematika bersama. Apakah itu?

Nah dengan bermain cermin ini, ada konsep dasar “pencerminan”, yang menunjukkan bahwa obyek (Yusuf) dan bayangannya selalu sama, begitu pula dengan jarak dan tinggi objek dengan bayangan selalu sama. Kecerdasan matematis logis lain yang terasah dari permainan ini adalah kemampuan mengenal geometri (bentuk cermin yang merupakan persegi panjang).

Dia kelihatan girang banget lihat bayangannya, seakan-akan kembarannya yang lagi ngajak main. Nah dari sini ia belajar sebab akibat (stimulasi perkembangan kognitif)=> ketika dia mendekat, bayangannya ikut mendekat, begitupun sebaliknya.

Selain mengasah kecerdasan matematis logisnya, permainan ini juga bisa menstimulasi perkembangan motorik kasarnya, menstimulasi perkembangan sosial-emosional, stimulasi kecerdasan visual dari pengenalan warna serta ukurannya, Karena lagi-lagi mainnya bareng mama, sekaligus bisa melatih kecerdasan interpersonal dan bahasanya.

Leave a Reply