Perbanyak Relasi dan Silaturrahmi, Salah Satu Jurus Ampuh Lejitkan Karier

Seperti yang selama ini kita kenal dan kita ketahui, manusia diberi label sebagai makhluk sosial, yang artinya tidak dapat hidup tanpa berinteraksi dengan manusia lain. Manusia mempunyai kelebihan dan bakat yang berbeda-beda satu sama lain, ada yang jago di bidang infrastruktur, pertanian, jasa, dan banyak bidang lain yang tidak semuanya dapat kita kuasai. Nah, pastinya kita membutuhkan bantuan orang lain dong untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari 😉

Tak jauh berbeda pula saat kita terjun di dunia karier/pekerjaan, secara sadar atau tidak kita akan sangat terbantu dengan jaringan pertemanan yang kita punya. Eits, jangan dulu beranggapan apabila yang telah sukses kita capai saat ini murni usaha kita sendiri, siapa tahu loh ada banyak orang dibalik layar yang secara tidak langsung memuluskan perjalanan karier kita. Bisa jadi teman kamu yang iseng menyebarkan informasi lowongan pekerjaan padamu, kakakmu yang selalu mengantar dan mengirim lamaranmu, keluarga yang selalu mendoakanmu, atau bahkan kenalanmu yang akhirnya membantu mengenalkanmu pada kenalannya yang menghubungkan kemampuanmu dengan bidang karier yang sesuai.

Itu tadi hanya contoh kecil pada jaringan terdekat kita yang secara langsung maupun tidak, telah berjasa membantu membangun karier kita. Bagaimana jika kita dapat membangun jaringan yang lebih luas lagi? Bagaimana apabila kita memiliki banyak kenalan yang turut memaksimalkan potensi yang kita punya? Efek bombastis yang akan kita dapat dalam perjalanan karier kita! Mau bukti? Banyak tokoh terkenal dan inspiratif, hingga pebisnis sukses yang telah membuktikan dahsyatnya jaringan relasi dalam membantu melancarkan karier mereka, misalnya saja pendiri BCA, Indofood, dan Bogasari (Sudono Salim / Liem Sioe Liong) yang berhasil membangun istana bisnisnya tak lepas dari usaha tekun dan kemampuannya membangun relasi di Indonesia. Nah, kita pun juga bisa mencontoh rahasia para tokoh sukses dalam membangun kariernya dengan memperluas relasi dan jangan lupa juga memperbanyak silaturrahmi 😉

image

Jalinlah relasi baik dengan banyak orang, terkadang kita tidak akan menduga rezeki dapat mengalir melalui mereka

Gambar Penulis bersama Salah Satu Komunitas Senam Kota Malang

Untuk kamu yang berprofesi di bidang jasa dan merupakan pekerja freelancer seperti MC, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memperluas relasi kamu, yang pasti hal ini juga bisa membantumu untuk lebih dikenal.

1. Selalu siap sedia kartu nama
Kecil, sederhana, tapi masih banyak yang menganggapnya sebelah mata. Jangan salah, efek satu buah kartu nama yang kamu berikan ke seseorang bisa jadi salah satu langkah agar kamu dapat dikenal dan direkomendasikan oleh orang lain. Selembar kartu nama dapat merepresetasikan profesionalitasmu pada bidang yang kamu geluti. Oleh karena itu, buatlah kartu nama yang sesuai dengan image yang ingin kamu bangun, dan hal ini dapat kamu jadikan senjata saat kamu berkesempatan berkenalan dengan orang-orang potensial yang terkait dengan pekerjaanmu.

2. Manfaatkan media sosial secara bijak
Media sosial seperti Facebook, twitter, Instagram, Blog, LinkedIn, dan sebagainya dapat kamu gunakan sebagai media promosi dan berbagi dengan orang lain. Media sosialmu dapat kamu manfaat sebagai Online Portofolio dan media membangun personal branding-mu. Kamu juga dapat mempromosikan kemampuan dan kredibilitasmu melalui media sosial. Jadi jangan sampai apa yang kamu tampilkan pada halaman media sosialmu hanya bersifat spamming (menyampah).

3. Terbuka dengan pertemanan dan komunitas baru
Jangan membatasi pertemananmu dengan sahabat-sahabat kecilmu saja. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba komunitas-komunitas yang sesuai dengan minat atau bisa mengembangkan bakatmu. Selain bisa banyak belajar hal baru, kamu juga bisa memperoleh lingkaran pertemanan baru yang lebih luas lagi. Siapa tahu rezekimu akan mengalir melalui mereka loh!

4. Jalin interaksi dan silaturahmi
Kalau jaringan pertemanan sudah banyak kita tebar, jangan lantas ditinggal begitu saja. Nggak baik loh, kalau hilang begitu saja dan mulai menghubungi saat kamu membutuhkan saja. Maka ada baiknya secara berkala kamu mulai menyapa teman-teman lamamu, atau relasi yang telah lama tidak kamu jalin kembali. Kamu dapat memulai dengan menanyakan kabar, memberi ucapan selamat di momen-momen spesial sebagai tanda perhatian, atau sesekali menyempatkan untuk kopdar bareng.

Gimana? Udah siap buat melejitkan karier sekaligus menambah teman dan saudara?! ;).  (*Laily Indah Sejati)

Leave a Reply