5 Alasan Penting yang Membuatmu tak Menunda Belajar Ilmu Public Speaking

Public speaking
Keterampilan public speaking, mengapa penting?

Bicara itu susah-susah gampang ya?! Kalau salah penyampaian, bisa membuat salah paham. Itu aja kalau bicara sama satu orang. Nah kalau bicara ke banyak orang, ke sekelompok atau bahkan ribuan jumlahnya?! Ups, kalau kamu mulai bayangin sambil keringatan dingin, itu artinya kamu wajib untuk belajar keterampilan public speaking! Menurut American Heritage Dictionary, public speaking diartikan sebagai aksi, seni, atau proses penyampaian pembicaraan efektif di depan audience. Lalu mengapa belajar Public Speaking itu penting? Agar:

1. Mahir berkomunikasi dengan efektif

Komunikasi sendiri diartikan sebagai proses penyampaian pesan dari komunikator (orang yang menyampaikan pesan) ke komunikan (orang yang menerima pesan). Tujuan utama dari proses komunikasi adalah pesan komunikator dapat diterima dengan baik oleh komunikan. Penguasaan dan keterampilan dalam berkomunikasi efektif sangat diperlukan, tujuannya agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam proses komunikasi. Karena salah paham dalam berkomunikasi bisa mengakibatkan salah tafsir, memicu adanya emosi negatif, hingga pertengkaran.

2. Meningkatkan percaya diri

Dengan menguasai teknik public speaking, otomatis kamu akan lebih percaya diri dari sebelumnya. Ilmu public speaking akan mengajarkanmu cara meningkatkan percaya diri dengan memaksimalkan potensi yang kamu miliki.

3. Mudah bergaul

Kemampuan persuasif komunikasi dalam public speaking akan membuat pribadimu mudah akrab dan mudah diterima di lingkungan pertemanan. Dengan keterampilan public speaking yang kamu miliki, kamu akan mengundang orang lain untuk mengenalmu lebih jauh.

4. Mahir melakukan persuasi

Dengan teknik persuasi dan negosiasi yang telah kamu kuasai, kamu akan lebih mudah memengaruhi orang lain dan menjadikan dirimu sebagai seorang influencer.

5. Mengilangkan phobia bicara di depan umum/demam panggung

Belajar hingga menguasai keterampilan public speaking akan membuatmu berani tampil di hadapan khalayak. Rasa takut, grogi, dan demam panggung-mu perlahan-lahan akan hilang seiring dengan banyaknya jam terbang.

Intinya, belajar keterampilan komunikasi dan public speaking itu penting bagi siapa saja, mulai dari pelajar, pekerja, maupun seorang ibu rumah tangga. Dengan mengusai cara berkomunikasi dan teknik public speaking yang baik, pesan yang disampaikan pun akan mudah ditangkap oleh penerima pesan, dan tujuan kita dalam berkomunikasi pun akan tercapai dengan tepat.

Sayangnya, dalam belajar, selalu ada aja tantangan yang menghampiri. Ini dia tantangan yang biasa ada dan menjadi penghalang untuk menjadi seorang public speaker handal?
1. Rasa malas berlatih
2. Rasa takut mencoba
3. Ragu-ragu dengan kemampuan yang dimiliki
4. Merasa sudah hebat dan tidak mau belajar lagi

Hal-hal tersebut sekiranya harus dihilangkan, karena dalam public speaking, semakin kita banyak belajar, semakin kita gigih berlatih, mau terus mencoba dan berusaha, insyaAllah kemampuan Public speaking kita akan terus terasah dan berkembang terus semakin baik. Sebaliknya, jika kita malas berlatih, tak pernah mau praktek dan mencoba, sayang sekali kita hanya tahu teorinya saja. Jadii ayo semangat berlatih terus ya ibu-ibu. Tak masalah jika belum bisa sempurna, masih ada salah di sini dan di sana. Namanya juga proses untuk MENUJU BISA. Perbanyak praktik dan jam terbang agar jadi biasa.

20190712_102105_00007899628180808531006.png
Kemampuan public speaking untuk semua kalangan

Tips untuk kamu yang ingin belajar mengasah keterampilan public speaking:

1. Tak ada kata terlambat untuk belajar dan menimba ilmu. Berapapun usiamu, jangan patah semangat. Karena ilmu dan keterampilan penguasaan public speaking sangat berguna bagi interaksi yang kita lakukan dalam keseharian kita

2. Bisa karena terbiasa. Belajar, kemudian berlatih berlatih dan berlatih. Karena ilmu komunikasi dan public speaking butuh dilatih dan dipraktekkan agar berkembang terus lebih baik

3. Jangan malu untuk meminta pendapat dan penilaian orang lain terhadap penampilan public speaking kita, jadikan kritik dan saran sebagai bekal untuk bisa jadi lebih baik dari sebelumnya.

4. Niatkan belajar dan menguasi public speaking agar dapat memberi manfaat tak hanya pada diri pribadi namun juga terhadap orang-orang sekitar agar menjadi berkah.

5. Jangan berputus asa untuk terus memperbaiki diri, jadikan kesalahan sebagai pelajaran untuk terus berproses dalam belajar.

Leave a Reply