Penting Bersihkan Sudut-sudut Rumah ini Sebelum Ditinggal Pergi Mudik!

Tak terasa lebaran sudah di depan mata, tinggal menghitung hari aja, ya Mom! Biasanya mendekati lebaran, selain toples-toples kue telah disiapkan, rumah pun mulai dibersihkan dan ditata ulang untuk menyambut hari kemenangan ini. Belum lagi bila sanak saudara dan kerabat akan datang bertandang ke rumah, persiapan dan bersih-bersih dilakukan secara besar-besaran. Eits, tapi bagaimana dengan Mommy dan keluarga yang berencana untuk mudik pada momen lebaran ini, apalagi jika akan meninggalkan rumah dalam waktu relatif lama selama liburan mudik kali ini? Apakah tidak perlu melakukan “ritual bersih rumah” juga? Wah jangan salah, malahan Mommy sebaiknya harus memastikan rumah Mommy bersih selama ditinggal mudik lebaran.

Selain memastikan keamanan rumah, memastikan rumah bersih dan rapi sebelum ditinggal mudik sebaiknya tak dilupakan. Ditinggal mudik dan tak didatangi tamu saat lebaran bukan berarti kebersihan rumah terabaikan ya Mom. Ada beberapa keuntungan yang akan Mommy dapatkan jika meninggalkan rumah dalam keadaan bersih selama ditinggal mudik lebaran, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Melegakan hati dan pikiran karena telah melakukan persiapan dan pembersihan rumah sebelum ditinggal. Sehingga saat mudik kita tak akan kepikiran dengan masih adanya tumpukan baju / perkakas kotor di rumah.

2. Meringankan tugas bersih-bersih saat telah kembali ke rumah. Usai mudik biasanya kita akan pulang dengan banyak pakaian dan barang kotor lain yang belum sempat dicuci. Nah bila sebelumnya rumah telah kita tinggalkan dalam keadaan bersih, maka kali ini tinggal membersihkan dan membereskan barang-barang “hasil mudik” saja.

3. Menjadi penolong jika saat kembali ke rumah ada kerabat atau teman yang datang secara tiba-tiba. Nah jika hal ini terjadi, kita tak akan panik untuk membersihkan rumah secara keseluruhan, tinggal sedikit menyapu dan mengelap debu yang ada selama ditinggalkan.

4. Dengan membersihkan rumah secara keseluruhan sebelum ditinggal mudik, akan meminimalisir masuknya binatang-binatang yang tak diingkan seperti gerombolan semut-semut, rayap, laba-laba, kecoa, tikus, atau bahkan ular, bila kita juga telah melakukan persiapan pencegahan selama bersih-bersih dilakukan.

Hwah banyak banget kan, Mom manfaatnya! Yuk mari kita cek dulu, sudut-sudut rumah kita yang mana sih yang tidak boleh luput saat kita melakukan aksi beberes dan bersih-bersih sebelum mudik?!

1. Dapur dan ruang makan
Dapur dan ruang makan temasuk wilayah dalam rumah yang setiap harinya digunakan dan seringkali menjadi sumber sampah rumah tangga. Yup, sisa-sisa bahan makanan, atau makanan yang lama disimpan bisa membusuk jika tidak segera dibersihkan. Agar noda di dapur tidak membandel, segera bersihkan noda sisa-sisa memasak dengan segera. Pastikan tempat sampah juga telah dikosongkan sebelum pergi mudik. Jangan lupa juga untuk mengecek isi kulkas Mommy. Saatnya memilah bahan makanan yang tidak tahan lama untuk segera diolah dan dihabiskan sebelum berangkat mudik. Bila terlalu banyak, bisa dibagikan ke tetangga atau orang yang membutuhkan juga loh, lebih baik Mommy olah dahulu dan pastikan juga jika bahan makanan masih layak makan sebelum dibagikan.
Oh ya, pastikan juga piring, gelas, dan perkakas makan lainnya telah aman dan tertutup dari debu (dan binatang kecil yang tak diinginkan) saat ditinggal mudik. Caranya adalah dengan menaruhnya pada rak khusus yang tertutup atau jika tidak ada, Mommy bisa menutupinya dengan kertas dan plastik besar.

2. Kamar mandi
Kamar mandi juga termasuk salah satu sudut rumah yang gampang sekali kotor dan harus dibersihkan secara rutin, terutama bak mandi. Air dalam bak mandi yang lama dibiarkan tanpa rutin dikuras bisa menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk, apalagi jika lama ditinggal mudik. Nah Mommy bisa menyiasatinya dengan menutup bak mandi, mengosongkannya, atau juga bisa dengan memberikan cairan desinfektan yang aman / bubuk abate. Kalau saya biasa menggunakan Dettol antiseptik ke bak mandi saya, selain membunuh kuman, selama ini terbukti membunuh jentik nyamuk serta menghalau nyamuk untuk bertelur/berkembangbiak dalam bak mandi tersebut jika kami tinggal mudik.
Selain bak mandi, tak ada salahnya untuk sekalian membersihkan kerak di closet dan dinding kamar mandi ya Mom, biar ikut kinclong dan nyaman digunakan, hehe.

3. Kamar tidur
Sesaat sebelum mudik tak jarang Mommy dan keluarga tergesa untuk berangkat, sehingga melupakan untuk membereskan kamar yang baru saja dipakai. Sebaiknya luangkan waktu khusus untuk menata dan membersihkan sudut-sudut kamar minimal sehari sebelum berangkat mudik. Saat akan mudik tiba, Mommy tinggal merapikan tempat tidur yang telah dipakai saja agar rapi kembali. Kamar yang rapi dan bersih saat ditinggalkan akan membuatnya nyaman dan siap untuk digunakan saat kita telah kembali dalam keadaan lelah usai mudik nanti.
Jika Mommy dan keluarga meninggalkan barang berharga di dalam kamar, sebaiknya kunci pintu kamar dan almari selama ditinggal mudik. Tapi jangan lupa simpan baik-baik juga loh ya kuncinya, agar tak hilang saat dibawa mudik, wah bisa kacau nggak bisa masuk kamar nantinya, hihihi.

4. Sudut pakaian kotor
Ada ya yang namanya sudut pakaian kotor di rumah? Kalau saya sih ada, hehe. Namanya juga di pojokan tempat menaruh pakaian-pakaian kotor menjadi satu agar tidak tercecer kemana-mana. Nah ada baiknya Mommy menyelesaikan urusan mencuci tumpukan pakaian kotor ini sebelum ditinggal mudik. Selain meringankan beban mencuci kita seusai balik mudik nanti, segera mencuci pakaian kotor akan meminimalisir noda pakaian membandel, atau timbulnya jamur pada pakaian kotor yang tak kunjung dicuci. Hiiii sayang kaaan kalau baju kesayangan yang kotor ditinggal mudik, eh tau-tau malah jamuran, huhuhu.

Last but not least, sekalian sapu dan pel lantai rumah agar kinclong ya Mommy, hihi biar nggak parah-parah deh, kalau ada debu saat balik pulang mudik nanti. Jangan lupa ajak anggota keluarga untuk berpartisipasi dalam agenda beberes dan bersih-bersih sebelum mudik ini ya Mom! Semangat bersihin rumah dan selamat mudik, Mom! 😘

2 comments

Leave a Reply