Obat Alami saat Bayi Pilek

Mendapati si Kecil yang rewel karena terserang pilek dan hidung mampet merupakan hal yang cukup menggemaskan bagi seorang new mom, apalagi jika usia si Kecil masih dikategorikan bayi, pasti cukup membuat Mommy pusing. Mau memberinya obat, khawatir efek sampingnya, mau membiarkan gejala flu tersebut hilang sendiri, tapi kasian karena si Kecil malah rewel akibat pileknya tak kunjung hilang, hidungnya masih saja mampet. Saat pilek, bayi akan lebih susah untuk tidur, saat tidur pun tidak bisa nyenyak dan seringkali terbangun. Pengalaman tersebut juga pernah kualami ketika Yusuf masih bayi, ehe sekarang juga masih bayi sih, Cuma saat itu usianya masih kecil, hitungan 1 tahun ke bawah dan gampang terserang pilek-batuk-flu ringan, konon katanya karena daya tahan anak bayi masih rentan, apalagi jika teman-teman dan tetangga yang main dengannya saat itu juga sedang flu, alamak cepet deh nularnya. Sebagai emak a.k.a Mommy yang kudu strong dan anti panik merawat doi, ada beberapa jurus dari berbagai literasi yang sudah aku praktekkan sebagai tindakan dan obat alami saat bayiku terserang pilek, antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Posisikan tidur bayi senyaman mungkin, bila perlu beri bantal penyangga yang dapat membantunya bernafas lebih lega. Coba miringkan tubuh anak pada posisi tidur yang memungkinkannya untuk lebih leluasa bernafas
  2. Jika Mommy menggunakan pendingin ruangan, atur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin, karena hal itu bisa membuat mampet hidungnya lebih parah.
  3. Uapi ruangan dengan campuran irisan bawang merah, beberapa tetes minyak telon, dan air panas yang telah dicampur menjadi satu pada baskom. Mommy bisa menaruhnya di sudut ruang, atau di tempat yang sudah dipastikan aman dari jangkauan anak atau rawan tumpah.
  4. Jika anak tidak memiliki alergi kulit tertentu (kulit sensitif), balurkan sedikit irisan/parutan bawang merah pada punggung dan dadanya. Mommy bisa menambahkannya dengan minyak telon dan mengoleskannya dengan kapas. Selain dipercaya membantu meredakan gejala flu pada anak, bawang merah juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan demam dan sakit kembung juga loh, Mom!
  5. Irisan bawang merah yang ditaruh di dalam ruangan juga dipercaya dapat membantu meredakan pilek si kecil. Bawang merah mengandung senyawa khusus yang dapat menyerap bakteri dan virus dalam ruangan. Flavon glikosida yang ada pada bawang merah juga berkhasiat sebagai anti radang dan ampuh membunuh bakteri. Nah ternyata bahan wajib yang ada di dapur ini punya banyak khasiat untuk meredakan pilek dan gejala flu pada anak ya, Mom!

Semoga beberapa cara alami di atas dapat Mommy manfaatkan sebagai obat alami saat anak/bayi Mommy terserang pilek! Aku dan beberapa teman sesama Mommy juga sudah saling sharing dan membuktikan manfaat dari terapi alami mengatasi si Kecil yang sedang pilek dengan cara-cara di atas lho, dan ternyata memang pilek si Baby jadi mendingan. Kalau memang terapi ini tidak mempan juga pada anak Mommy dan gejala sakit tak kunjung sembuh, jangan ragu segera minta bantuan tenaga medis ya! Semoga  anak Moomy lekas sembuh dan sehat-sehat selalu!

 

Baca juga artikel terkait:

Salesma (Batuk-Pilek-Demam) pada Anak dan Bayi serta Cara Mengatasinya

Bingung Obat saat Bayi dilanda Batuk-Pilek? Coba Transpulmin BB Balsam Bayi ini!

Leave a Reply