3 Hal yang Bisa Membuatmu Menyesal di Kemudian Hari

Sekedar menyesal memang tak akan begitu saja menyelesaikan masalah, namun merenung untuk mengakui kesalahan lalu, menyesali, berusaha tak lagi mengulangi, kemudian melangkah untuk memperbaiki kurasa adalah pilihan yang harus dilakukan. Sebelum akhirnya terlambat, coba kita tengok beberapa hal yang bisa membuat kita menyesal di kemudian hari.

1. Kebiasaan menunda melakukan kebaikan

Kesempatan untuk segera menyelesaikan pekerjaan, memberi, dan melakukan kebaikan lainnya bisa saja hilang jika tak segera kita lakukan. Ada kalanya niat untuk melakukan datang, namun kadang kita bisa lupa atau malah mengurungkan niat baik jika tidak segera melakukannya. Hal seperti ini bisa menimbulkan perasaan menyesal pada diri kita.

2. Boros menggunakan uang

Kebiasaan untuk berfoya-foya, boros menggunakan uang hanya sekedar mengejar gaya hidup dapat merugikan diri sendiri. Hidup dengan secukupnya, memprioritaskan untuk menabung dan memenuhi kebutuhan akan membuat keuangan lebih sehat daripada hanya menuruti keinginan dan lapar mata yang muncul tiba-tiba.

3. Berbuat dan berkata kasar / buruk

Sebagai sesama manusia, tentunya kita tidak ingin jika ada orang lain menyakiti kita dengan perbuatan maupun perkataan yang buruk. Ingat, oranglain pun juga ingin diperlakukan dengan baik. Perbuatan maupun perkataan yang kasar dan buruk dapat melukai hingga membuat orang lain menjadi trauma. Tak jarang, para pelaku yang tak sempat meminta maaf akan dihantui rasa bersalah dan terus menyesal sepanjang hidupnya.

Leave a Reply