Mengenal Diri, Sebuah Dasar untuk Menjadi Bahagia

Aliran Rasa Kelas Telur-Telur Bunda Cekatan IIP

Bismillah, Alhamdulillah, senang sekali rasanya meninggalkan akhir tahun 2019 sekaligus mengawali tahun ini dengan rutinitas yang begitu menantang, sekaligus membahagiakan di perkuliahan Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional. Senang karena kelas yang lama ditunggu ini akhirnya hadir dengan banyak sekali kejutan. Kejutan sistem perkuliahan dan cara belajar yang serba baru dan sama sekali berbeda dengan perkuliahan di IIP sebelumnya. Awalnya membuatku agak bingung, deg-degan, dan sedikit resah karena keluar dari zona nyaman cara belajar yang lampau. Ahh benar juga kata Bu Septi, bukankah setiap perubahan akan selalu menimbulkan gejolak? Tinggal kita yang dihadapkan pilihan untuk siap berubah, segera belajar dan beradaptasi, atau hanya diam dan tertinggal?

Alhamdulillah Allah mudahkan untuk mengikuti langkah awal di tahap Kelas Telur-Telur Bunda Cekatan ini. Materi dan tugas jurnal yang diberikan setiap pekannya membuatku menjadi semakin paham, siapa diri ini, apa yang menjadi kekuatan dan kesenangan diri, hal apa yang membuatku bahagia dan berbinar-binar menjalaninya, juga keterampilan dan ilmu apa yang sebenarnya begitu penting untuk kupelajari.

Kelas telur-telur ini mengajarkanku untuk segera sadar, harus benar-benar tahu dan paham apa yang sebenarnya diri ini inginkan dan butuhkan. Mengenali diri, benar-benar sebuah dasar untuk menjadi bahagia dan bahagia banget. Sebuah dasar untuk mengasah diri agar bisa menjadi terampil dan cekatan, dengan cara belajar ala kita sendiri, dengan cara terbaik yang kita miliki, bukan orang lain.

Ada pesan dari Ibu Septi dan Bapak Dodik yang sangat saya ingat di kelas ini, diantaranya adalah:

  1. Tidak semua hal yang menarik dan membuat kita tertarik itu penting untuk dilakukan. Bisa saja hal itu sangat menarik, tapi siapkan kata “tidak tertarik” jika memang sebenarnya hal itu tidaklah kita butuhkan.
  2. Kurangi melakukan hal-hal urgent, namun perbanyak lakukan hal pada prioritas penting, caranya adalah dengan melakukan manajemen waktu yang baik.
  3. Jika di jalan kita menemukan sesuatunya tidak mudah namun penting dan harus dilakukan, maka kerjakan saja dan nikmatilah! Yang tidak mudah akan menantang, maka jadikan menyenangkan, karena reward kepuasan yang kita dapat selaras dengan tingkat kesulitan.

Setelah pecah telur di kelas ini, InsyaAllah aku siap belajar di Hutan Pengetahuan sebagai ulat yang lapar, melahap lezatnya ilmu yang dibutuhkan, semoga Allah mudahkan perjalananku dan teman-teman seperjuangan lainnya. Bismillah, Lillah! Semangaaaat!!!

Berikut adalah jejak review materi beserta jurnal di empat pekan Kelas Telur-Telur Bunda Cekatan

  1. Menemukan Kekuatan untuk Bahagia – https://lelysejati.com/jurnalbundacekatan1/
  2. Memilih dan Mengasah Keterampilan untuk Bahagia – https://lelysejati.com/jurnalbundacekatan2/
  3. Menemukan Cara Belajar yang Sesuai – https://lelysejati.com/jurnalbundacekatan3/
  4. Mind Mapping, Panduan Belajar & Mengasah Keterampilan – https://lelysejati.com/jurnalbundacekatan4/

#bundacekatan #kelastelurtelur #institutibuprofesional #aliranrasatahaptelurtelur

Leave a Reply