4 Tips Memilih Bedak sesuai Jenis Kulit

Makeup menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Tak hanya sekedar sebagai penunjang penampilan saat berpergian atau menghadiri acara tertentu saja, penggunaan makeup dalam keseharian juga bisa membantu memancarkan aura diri yang segar dan terawat. Salah satu alat makeup yang banyak bahkan kurasa hampir semua kalangan wanita (muda-tua) menggunakannya adalah bedak. Bedak selain berfungsi mempercantik wajah, juga biasa digunakan untuk merapikan riasan dan membuat kosmetik lebih tahan lama. Bentuk bedak saat ini pun bermacam-macam, Mommy bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dn jenis kulit Mommy. Nah, sebelum memutuskan membeli bedak seperti apa, sebaiknya kita cari tahu dulu kulit kita termasuk jenis kulit yang bagaimana, karena pemilihan bedak yang tidak sesuai membuat bedak tidak menempel dengan sempurna dan bisa memperparah kondisi kulit yang kita miliki. Berikut 4 jenis kulit pada umumnya:

1. Kulit Berminyak

Memproduksi minyak secara berlebih, bisa karena faktor hormonal saat pubertas atau pola hidup salah.
Ciri:
*Kulit tampak lengket & berminyak
*Kulit sering mengalami alergi yg dibarengi gatal-gatal
*Wajah, khususnya di sekitar hidung tampak berminyak
*Kulit bermasalah dengan noda hitam & jerawat

2. Kulit Kering

Kulit memproduksi minyak dalam jumlah sangat sedikit, padahal salah satu fungsi minyak adalah melembutkan kulit.
Ciri:
*Kulit terlihat kasar dan tidak bersinar
*Kulit sering pecah-pecah
*Kulit sangat sensitif pada produk kosmetik

3. Kulit Kombinasi

Jenis kulit yang cukup membingungkan, karena setiap bagian kulit tidak sama.
Ciri:
*Pada bagian tertentu kulit tampak berminyak, tapi di beberapa bagian lain kulit tampak kering
*Kulit di bagian T (sekitar hidung), dahi, dan pipi tampak berminyak.

4. Kulit normal

Produksi minyak pada kulit seimbang, biasanya tidak memiliki masalah dengan noda hitam, tidak berpori lebar, dan jarang berjerawat.

5. Kulit sensitif

Penyebab sensitivitas kulit berbeda tiap orang. Bisa terjadi pada orang yang memiliki riwayat alergi atau penyakit genetis seperti asma, biduran, bersin-bersin, eksim. Kulit jenis ini cenderung kering dan mudah mengalami infeksi.

Setelah mengetahui jenis kulit Mommy, sekarang saatnya memilih bedak yang sesuai, ini beberapa triknya!

  • Kulit wajah normal paling bisa menggunakan bedak jenis apapun, dari mulai bedak tabur, compact powder, maupun two way cake.
  • Jenis kulit berminyak sebaiknya menggunakan bedak jenis tabur yang anti kilap agar tidak memicu jerawat. Bedak tabur juga bisa digunakan untuk area berminyak pada kulit kombinasi
  • Untuk kulit wajah kering, bedak tipe two way cake yang telah mengandung foundation bisa menjadi pilihan agar wajah lebih terlihat lembab. Cara pengaplikasiannya bisa dengan membasahi spon terlebih dahulu dengan air.
  • Jika memiliki kulit cenderung sensitif, sebaiknya baca kandungan bedak yang sekiranya biasa memicu alergi kulit, coba terlebih dahulu pada area belakang telinga apakah bedak memicu reaksi alergimu. Sebaiknya jangan sering gonta-ganti bedak jika sudah menemukan yang cocok. Konsultasikan dulu pada dokter bila memang kulit sangat sensitif.

Selanjutnya, bila Mommy bingung mau pakai produk bedak apa untuk kulit wajah Mommy, aku rekomendasikan bedak keluaran Wardah yang memiliki banyak varian yang bisa Mommy pilih sesuai kondisi kulit wajah Mommy. Bentuk kemasan yang cantik, praktis dan gampang dibawa kemana-mana, menjadi nilai plus dari bedak Wardah, yang tak kalah penting juga, produknya InsyaaAllah sudah dijamin halal.

Leave a Reply