5 Langkah Membuat Masa Kecil Anak Menyenangkan

Kenangan yang dilalui semasa kecil bisa membekas hingga dewasa, bahkan bisa berlanjut pada pola pengasuhan berikutnya, loh Mom. Oleh sebab itu ada baiknya kita mulai menanamkan hal-hal yang membuat masa kecil anak kita terasa menyenangkan. Bagaimana dan apa saja langkah-langkahnya?

1. Ajarkan nilai kebaikan moral melalui dongeng dan cerita

Dongeng bisa menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan moral pada anak. Anak akan terlatih untuk berimajinasi sekaligus mengambil hikmah dari setiap akhir cerita yang didongengkan. Kegiatan mendongeng juga dapat merekatkan ikatan batin antara orangtua dan anak.

2. Hadir sepenuhnya saat membersamai si Kecil

Membersamai anak, berada di sampingnya saat ia bermain atau beraktifitas hendaknya tidak setengah-setengah dilakukan. Hadirkan raga juga jiwa dan pikiran saat membersamai anak. Jangan biarkan ponsel dan alat elektronik lain malah memecah fokus Mommy pada sang anak. Anak akan merasa diperhatikan dan dihargai saat kita benar-benar utuh membersamainya.

3. Penuhi kebutuhannya untuk bermain sesuai dengan usia sang anak

Usia anak memanglah usianya untuk banyak bermain. Bermain adalah dunia anak untuk belajar dan berlatih keterampilan baru. Beri anak kesempatan untuk melakukan eksplorasi pada hal-hal disekitarnya, asalnya masih dalam tahap aman dan masih dalam pengawasan Mommy.

4. Ajak ia berinteraksi dengan lingkungan

Berada di rumah seharian dan hanya bertemu dengan orang rumah akan membuat anak bosan. Di usia balita, anak sudah mulai belajar untuk mengenal interaksi dengan teman-teman sebaya maupun lingkungan sekitarnya. Berinteraksi langsung dengan lingkungan luar akan membuat anak belajar lebih banyak hal dibanding jika hanya berdiam di rumah.

5. Jadilah sahabat untuk anak

Menjadi sahabat anak artinya adalah menjadi teman dekat yang dapat dipercaya. Biasakan untuk sering berbagi cerita, menjalin komunikasi yang mengasyikkan, dan terlibat pada hal-hal yang menjadi minat anak bisa dijadikan jembatan untuk membangun bonding dengannya. Tak lupa libatkan dan kenalkan pula anak pada kegiatan yang diminati Mommy dan keluarga. Berikan dukungan positif pada setiap proses yang dilalui sang anak

Leave a Reply