Membuat Mainan Edukasi Anak Sendiri dengan Memanfaatkan Toples

Ini bukan iklan jualan toples Tup** ya. Kebetulan bulan lalu baru dapet hadiah arisan toples plastik ini, jadinya masih kosongan. Karena si kecil lagi hobi banget pukul-pukul sesuatu yang menimbulkan bunyi, mumpung toples masih kosong, aku jadiin properti main dia kali ini.

Sambil bermain pukul toples ria nan gembira, sekaligus aku asah kecerdasan matematis logisnya. Aku pinjamkan 3 toples plastik ringan dengan ukuran berbeda dan warna mencolok agar menarik perhatian si dia. Nah, kecerdasan matematis logis yang terasah dari permainan ini adalah:
– kemampuan menyusun (dari toples terbesar ke terkecil)
– kemampuan mengenal ukuran (ada toples yang berukuran besar, sedang, dan kecil)
– kemampuan mengenal geometri (mengenal bentuk tabung dari toples, mengenal bentuk lingkaran dari tutup toples)

Lagi-lagi karena Yusuf usianya masih 9 bulan, dia belum bisa menyusunnya, yang nyusun adalah emaknya hehe. Dia seneng banget ngerobohin & acak-acak toples yang udah aku susun, tiap disusun dirobohin lagi. Nah dari sini ia belajar sebab akibat (stimulasi perkembangan kognitif)=> benda yg ia pukul akhirnya bunyi dan benda yg terususun rapi jadi jatuh gara-gara ia berantakin. Selain mengasah kecerdasan matematis logisnya, permainan ini juga bisa menstimulasi perkembangan motorik halusnya, menstimulasi perkembangan seni, stimulasi kecerdasan visual dari pengenalan warna serta ukurannya, kecerdasan kinestetik karena melatih kemampuan motorik dari koordinasi tangan dan mata sang anak. Karena mainnya bareng ortu alias mama papa, sekaligus bisa melatih kecerdasan interpersonal dan bahasanya.

Leave a Reply