5 Manfaat Besar yang Kamu Peroleh dengan Membuat Perencanaan

“If you don’t know where you are going, you’ll end up someplace else.” ― Yogi Berra

Pernahkah kamu berpikir, bahwa membuat sebuah perencanaan adalah hal yang penting? Ataukah kamu seringkali mengabaikan hal tersebut selama ini? Memang tidak ada salahnya untuk bersikap spontan dan mengalir begitu saja, saya pun terkadang juga menikmatinya, karena sikap spontan dan adaptif memang dibutuhkan sebagai respon terhadap situasi yang bisa terjadi di luar perkiraan kita. Namun di sisi lain, bertindak tanpa memiliki perencanaan bisa diibaratkan seperti bertempur tanpa bekal dan strategi, atau gampangnya seperti saat kita mau ke berbelanja tapi tak tahu mau beli apa, kita sampai di lokasi, bingung melihat-lihat dan akhirnya pulang tak membawa apa-apa. Lain halnya jika sudah merencanakan dan menuliskan daftar belanjaan kita, kita akan fokus membeli apa yang kita butuhkan, tak banyak membuang waktu, dan lagi tak ada daftar barang yang kelupaan karena kita sudah merencanakan dan menuliskannya dengan baik sebelum pergi berbelanja.

Contoh sederhana tersebut bisa menjadi sebuah analogi dalam hal pentingnya membuat manajemen perencanaan, baik dalam pengelolaan waktu, perencanaan kegiatan, project, maupun impian kita. Membuat perencanaan menjadi sebuah langkah untuk memvisualisasikan pikiran, ide, angan-angan, dan cita-cita, sehingga kita dapat melihat sejauh mana kita melangkah dan bagaimana langkah selanjutnya untuk merealisasikannya.

Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh jika kita terbiasa melakukan perencanaan dengan baik, antara lain:

1. Tahu apa yang diinginkan

Seringkali kita sebenarnya tak tahu apa yang “benar- benar” kita inginkan dalam hidup ini, bingung apa yang menjadi cita-cita dan tujuan hidup kita. Hal ini seringkali membuat kita mudah terombang-ambing dan gampang terseret arus. Menulis perencanaan merupakan salah satu langkah refleksi terhadap apa yang sebenarnya kita inginkan dan menjadi tujuan hidup kita, sehingga kita pun bisa menjadi versi terbaik dari diri sendiri.

2. Fokus

Membuat daftar perencanaan akan membuat kita fokus terhadap apa yang menjadi prioritas dalam mencapai setiap tujuan dan target yang telah kita tentukan. Daftar perencanaan akan memandu kita tetap “on track” dalam lajur yang kian mendekatkan kita dengan pencapaian.

3. Menghemat waktu

Membuat perencanaan di awal sesungguhnya bukanlah hal pecuma dan buang-buang waktu, namun justru akan banyak menghemat waktu saat melakukan “eksekusi”, karena kita tahu benar mana yang harus segera kita lakukan dan mana yang sebaiknya kita tinggalkan.

4. Menjaga semangat

Membuat perencanaan secara berkala akan merawat rasa semangat dan antusiasme untuk terus ada dalam diri kita. Kadang ada saat dimana semangat turun, entah karena bosan, kecewa, atau berbagai hal tak terduga lain saat tengah otw menuju target kita. Rutin membuat dan mengevaluasi daftar perencanaan, akan membuat kita bersemangat dan optimis kembali.

5. Semakin dekat dengan tujuan

Dengan keempat manfaat yang kita peroleh di atas, maka selangkah demi selangkah kita akan makin dekat dengan tujuan kita. Tapi yang harus diingat, bukan hanya sekedar membuat perencanaan, hal yang tak kalah penting adalah segera melakukan eksekusi.

“Dream it, plan it, do it, and make it happen!”

Let’s start with www.funplanner.id – Your fun planning partner ❤️

Leave a Reply