Manfaat Besar Memperdengarkan Bacaan Al Quran sebagai Pengantar Tidur Bayi

Tulisan kali ini dibuat masih dalam rangka berbagi cerita mengenai kegiatan bersama si kecil untuk menstimulasi kecerdasan spiritualnya sekaligus mengenalkan keagamaan sedari dini. Selain mengajarkan untuk senantiasa berdoa di setiap aktivitas yang akan dan telah dilakukan, serta mengajak Yusuf (5,5 bulan) untuk sholat bersama, kami juga berusaha untuk senantiasa memperdengarkan bacaan Al Quran padanya. Saat mengaji misalnya, kami membaca ayat Al Quran di sampingnya. Selain itu, hal yang berusaha kami lakukan secara konsisten adalah membacakan surat-surat pendek padanya sebagai pengantar tidur hingga ia terlelap.

Alhamdulillah, kegiatan membacakan bacaan surat pendek Al Quran kerap kali saya lakukan saat menyusuinya. Saat ia mulai mengantuk, ia sangat senang bila ditidurkan dengan nyanyian sholawat dan alunan bacaan ayat Al Quran. Sembari saya belai lembut kepala dan punggungnya, saya lantunkan bacaan surat pendek Al Quran padanya. Tak jarang suami juga melantunkan bacaan-bacaan solat kepada si kecil kala menenangkannya.

Sumber gambar: Pinterest

Surat-surat pendek yang kami bacakan memang masih terbatas, belum sampai semua surat pendek di juz 30, karena yaah memang belum hafal semua hehe. Semoga sekaligus sebagai pelecut agar mau terus belajar dan mengajarkan pada si kecil ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™. Oh ya, kebiasaan memperdengarkan bacaan Al Quran sebagai pengantar tidur ini tak hanya dapat merangsang kecerdasan spiritualnya, tapi juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan intelektual dan emosionalnya. Berdasarkan pengalaman, memperdengarkan bacaan Al Quran akan membuat bayi lebih tenang. Selain itu, dengan membiasakan anak mendengar lantunan ayat suci Al Quran sejak dini, akan membuatnya lebih awal mengenal Al Quran dan kelak diharapkan lebih mudah bila menghafalnya, Inshaa Allah.

Leave a Reply