Mainan Edukasi Anak: Ring Donat

Kebetulan saat bermain ke rumah eyang di Malang kemarin, Yusuf diberi hadiah mainan ini. Ring donat warna-warni yang bisa disusun berdasarkan ukuran. Ring donat ini dapat disusun menjulang dari ukuran yang terbesar hingga ukuran terkecil berada di posisi teratas. Imutnya, bagian teratas dari susunan ring donat ini berupa bebek sebagai penutupnya, hihi.

Permainan ring donat ini sebenarnya bisa dimaikan hingga anak balita loh, Mom. Tapi kalau orang dewasa kepengen mainin permainan ini juga seru loh, aku sendiri udah buktiin, haha. Biasa ya, kalau si anak main, emaknya nggak mau ketinggalan buat cobain 😝. Nah, tahu nggak, Mom, melalui permainan ini, kecerdasan matematis logis anak dapat terasah, yaitu terlatihnya beberapa kemampuan dasar matematika anak, yang meliputi:
1. Kemampuan menyusun
Dalam hal ini, anak diharapkan mampu menyusun sesuatu secara urut. Permainan ring donat melatih anak untuk dapat membuat susunan benda berurutan berdasarkan ukurannya, yaitu dari yang paling besar hingga yang terkecil.
2. Kemampuan mengenal ukuran
Dalam permainan ini, anak dikenalkan konsep berat-ringan dan besar-kecil dari masing-masing ring donat.
3. Kemampuan mengenal geometri
Permainan ring donat ini mengenalkan anak pada bentuk lingkaran.

DIkarenakan Yusuf saat ini usianya masih 9 bulan, dia belum bisa menyusunnya secara urut. Yusuf malah demeeen banget jadi bagian ngacakin ring donat yang sudah disusun rapi. Kali ini masih mamanya yang jadi tukang praktek nyusun ring donat sampai urut. Setelah jadi menara donat, baru deh si Bos kecil siap mengambil satu per satu ring dan melakukan aksi porak-porandanya, hehehe.

Eits, walau begitu tetap ada pembelajaran yang bisa kami sisipkan dari permainan ini loh untuknya. Kami dapat mulai mengenalkannya pada berbagai ukuran yang berbeda, serta bentuk benda berupa lingkaran (donat). Ia juga mulai belajar bahwa ada donat yg bisa cukup masuk di tangan kakinya (donat ukuran besar) dan yg tidak cukup masuk ke kaki-tangannya (donat kecil) hehe. Seperti ini nih girangnya Yusuf dipakaiin ring donat di kaki tangannya.

Oh iya, selain mengasah kecerdasan matematis logisnya, permainan ini sekaligus bisa mengasah berbagai kecerdasan lainnya. Wow! Kecerdasan apa sajakah itu?

1. Kecerdasan visual-spasial, yaitu dari pengenalan warna (merah, ungu, kuning, dan beraneka warna lain dari ring donat) serta pengenalan ukuran ring donat (besar dan kecil).

2. Kecerdasan kinestetik, permainan ini dapat melatih kemampuan motorik dari koordinasi tangan dan mata sang anak yang memainkannya.

3. Karena mainnya bareng orangtua alias mama papa, bermain ring donat ini sekaligus bisa melatih kecerdasan interpersonal dan bahasanya.

Leave a Reply