Lebih Bahagia dan Produktif dengan Gadget Time yuk, Mom!

Pernah nggak sih Mom, waktu mau cari inspirasi lewat mbah gugel, pengen cek notif email, atau sekedar ngecek sebentaar aja balasan DM temen di media sosial, nggak tahunya malah kebablasan? Yup kebablasan yang dicek bukan tujuan awal, tapi malah asik scrolling timeline, eh keterusan kepoin si A, penasaran si B, scroll.. scroll.. like.. scroll, like.. scroll. Dikit lagi, bentar lagi. Eh kok lama nih loadingnya lemot, sabar dikit lagi, tunggu lagi. Eh kok asyik ya doi? Eh kalau kabar si Anu yang lagi viral gimana ya? scroll.. scroll.. aww gasengaja kepencet like deh πŸ˜‚. Yauda deh gapapa, lanjut.. scroll scroll..

Tik. Tok.
Tik. Tok.
Berapa jam ini tadi udahan ya? Setengah jam? Sejam? atau Tiga jam? Amasasih uda jam segini gakerasaa πŸ˜‚

Pernah ngalamin pengalaman kayak gitu? Toss deh kalau pernah! Karena aku juga pernah dong pastinya, ehe. Tujuan awal mau liat satu info di media sosial, atau pengennya beli suatu barang lewat IG deh contohnya. Eee tapi malah “keslimur” banyak pariwara yang bersliweran. Alhasil aktivitas “scroll, scroll, like, scroll *repeatagainandagain tidak terelakkan 😭. Daaan setelah itu media sosial ditutup, ujung-ujungnya baru inget deh kalau tadi tujuan awalnya apa, malah belum terlaksana, huhu.

Widiih emang ya kegiatan berselancar di dunia maya bikin ketagihan loh, tinggal diem aja ongkang-ongkang udah bisa kemana-mana, dapetin apa aja, tau apa aja, kepoin siapa aja. Asyiknya tuh juga bikin kita gak mati gaya, membunuh waktu luang gitu sih istilahnya. Tapi kudu waspada bin hati-hati nih, dibalik kenikmatan pake gadget, ada efek buruk kalau Mommy udah kecanduan sama gadget, serasa gabisa hidup sedetik pun tanpa gadget di sisimu #eaa.

Sudah kenal dengan istilah “Nemophobia!? Yup istilah itu merupakan singkatan dari “no mobile phobia”, yaitu kekhawatiran terhadap aktivitas sehari-hari tanpa melibatkan smart phone. Ini sudah merupakan indikasi dari kecanduan alias ketergantungan tinggi terhadap penggunaan gadget yang kurang sehat. Wah, bisa bahaya nih Mom!

Ada beberapa ciri-ciri kecanduan gadget. Cek dulu nih, Mom udah masuk ke tahap kecanduan belum hayo?!
1. Gelisah, cemas jika tidak membawa gadget kemana-mana
2. Enggan meninggalkan gadget walau sebentar
3. Begadang hingga lupa waktu saat main gadget
4. Lebih sering & senang berinteraksi dengan gadget ketimbang dengan orang lain.
5. Merasa ada yang kurang bila sebentar-sebentar tidak mengecek HP/gadget, walau sebenarnya tidak ada notifikasi pesan atau hal mendesak untuk memegang gadget.

Nah salah satu cara buat mengurangi atau bahkan menghilangkan kecanduan kita pada gadget adalah dengan menerapkan “Gadget Time”. Kita bisa mulai membuat waktu-waktu khusus kapan boleh dan tidak boleh pegang gadget dan berselancar di dunia maya. Buat emak-emak kaya aku nih misalnya, kadang merasa bersalah kalau asyik main gadget tapi si kecil lagi bangun ngajak main. Jadinya bisa bikin jadwal hanya boleh pakai gadget waktu si kecil tidur (kecuali ada panggilan darurat masuk). Untuk durasinya juga bisa ditentukan di awal. Tentukan berapa lama waktu maksimal yang bisa ditolerir untuk main gadget. Penting banget: jangan lupa untuk selalu tepati jadwal yg telah dibuat secara konsisten.

Selamat memakai gadget dengan bijak dan bahagia ya, Mom!

Leave a Reply