Komunikasi Asyik dengan Bernyanyi

“Mandi, mandi, mandi, hey!”
“Aku mau mandi!”
“Mandi, mandi, mandi, hey!”
“Pakai sabun wangi!”

“Mandi, mandi, mandi, hey!”
“Yusuf mau mandi!”
“Mandi, mandi, mandi, hey!”
“Biar seger wangi!”

Lirik lagu mau mandi versi mama Yusuf inilah yang selalu kesenandungkan saat akan mengajaknya mandi. Yusuf senang & girang banget waktu mandi. Dia sudah hapal kalau aku nyanyiin lagu ini, itu artinya sebentar lagi ia akan dimandikan & diajak bermain air.

Kunyanyikan lagu ciptaanku sendiri itu dengan nada riang gembira, sambil kutatap hangat mata anakku dan kubuka satu persatu pakaiannya. Yusuf membalas dengan tatapan penuh semangat, tak lupa diikuti dengan tawanya yang riang dan kedua kakinya yang terus menendang-nendang. Aiiiih senengnya anakku kalau udah masuk sesi mandi, hihi.

Komunikasi yang kulakukan bersama si kecil memang seringkali kubawakan dengan gaya bernyanyi. Rasanya menyenangkan, aku dan si kecil bisa lebih bersemangat melakukan rutinitas bersama. Tak hanya rutinitas saat mau mandi saja, di berbagai kegiatan sering kuselipkan kata-kata yang bernada. Walau memang masih terbilang sangat sederhana dan ala kadarnya, kebiasaan bernyanyi bersama kurasakan banyak sekali manfaatnya.

Saat si kecil lagi bosan hanya tiduran di kasur misalnya, aku juga sering mengalihkannya dengan mengajaknya bernyanyi. Kumainkan jari tanganku membentuk binatang-binatang sambil diiringi nyanyian riang gembira. Misalnya saat tanganku membentuk kupu-kupu yang terbang, aku akan menyanyikan lagu “kupu-kupu yang lucu”. Kalau ini sih liriknya bukan ciptaanku sendiri.

Rutinitas lain yang seringkali kubawakan sambil bernyanyi adalah ketika Yusuf baru bangun tidur. Kucium dahi serta kanan kiri pipi sebelum tangisnya pecah. Kuucap salam dan segera kunyanyikan lagu penyambut bangun tidur.

“Assalamualaikuum sayaang, sudah bangun ya?!”
“Bangun tidur kuterus mandi, tapi aku nggak gosok gigi, habis mandi ku minum asi, tidak lupa ku tidur lagi.” Begitu lirik lagu bangun tidur versi si kecil yang belum punya gigi, hobi tidur dan minum ASI 😄.

Leave a Reply