Penting Kenali Tipe Kulit Wajah Sebelum Membeli Kosmetik, Wanita Wajib Tahu!

Hai Bunda, sudah tahu belum, kalau sebelum berdandan, bahkan sebelum membeli kosmetik, sebaiknya kita kenali dulu tipe kulit kita. Apakah kulit wajah kita termasuk tipe kulit yang kering, normal, sensitif, berminyak, atau malah kombinasi antara jenis kulit kering dan berminyak? Mengapa hal ini penting? Karena penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan tipe kulit malah bisa memperparah kondisi kulit wajah, sebaliknya bila kosmetik yang kita gunakan sesuai, riasan akan melekat dengan sempurna dan kulit tetap terjaga kesehatannya. Nah, kira-kira wajah Bunda termasuk tipe kulit yang mana ya? Yuk kita cari tahu!

Berdasarkan ciri-cirinya, kulit wajah kita terbagi menjadi lima tipe, yaitu kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi, kulit normal, dan kulit sensitif.
1. Kulit Berminyak
Tipe kulit ini akan memproduksi minyak secara berlebih. Hal ini bisa dikarenakan faktor hormonal saat pubertas, atau pola hidup yang kurang sehat seperti banyak makan berlemak dan digoreng. Ciri-ciri dari tipe kulit berminyak antara lain:
*Kulit tampak lengket & berminyak
*Kulit sering mengalami alergi yg dibarengi gatal-gatal
*Wajah, khususnya di sekitar hidung tampak berminyak
*Kulit bermaslah dengan noda hitam & jerawat

2. Kulit Kering
Kebalikan dari tipe kulit berminyak, kulit kering akan memproduksi minyak dalam jumlah sangat sedikit. Padahal salah satu fungsi minyak adalah melembutkan kulit, sehingga pada tipe kulit ini akan memiliki ciri:
*Kulit terlihat kasar dan tidak bersinar
*Kulit sering pecah-pecah
*Kulit sangat sensitif pada produk kosmetik

3. Kulit kombinasi
Kulit kombinasi merupakan tipe kulit yang cukup membingungkan, karena setiap bagian kulit tidak sama, di bagian tertentu lebih berminyak atau bisa jadi lebih kering dari bagian lainnya. Ciri-cirinya adalah:
*Pada bagian tertentu kulit tampak berminyak, tapi di beberapa bagian lain kulit tampak kering
*Kulit di bagian T (sekitar hidung), dahi, dan pipi tampak berminyak.

4. Kulit normal
Pada kulit normal, poduksi minyak seimbang. Biasanya tipe kulit ini tidak memiliki masalah dengan noda hitam, tidak berpori lebar, dan jarang berjerawat. Tak heran bila memiliki tipe kulit normal menjadi dambaan setiap wanita.

5. Kulit sensitif
Kulit dengan tipe ini sangat rentan terkena alergi terhadap produk kosmetik. Penyebab dari sensitivitas kulit bisa berbeda-beda pada setiap orang. Kulit yang sensitif bisa melekat pada orang yang memiliki riwayat alergi atau penyakit genetis seperti asma, biduran, bersin-bersin, atau eksim. Kulit jenis ini cenderung kering dan mudah mengalami infeksi.

Setelah mengetahui tipe kulit wajah kita, barulah kita putuskan untuk menggunakan kosmetik yang sesuai dengan kondisi wajah kita. Produk kecantikan yang dijual di pasaran pun kini semakin bervariasi dan menawarkan banyak pilihan sesuai tipe kulit kita. Kulit wajah normal misalnya, bisa menggunakan bedak jenis apapun, mulai dari bedak tabur, compact powder, maupun two way cake. Bila kulit cenderung berminyak sebaiknya menggunakan bedak jenis tabur yang anti kilap agar tidak memicu jerawat dan bisa menyerap minyak. Untuk tipe kulit wajah kering, bedak tipe two way cake yang mengandung foundation bisa menjadi alternatif agar wajah lebih terlihat lembab. Nah, jangan segan untuk pilah-pilih sebelum membeli ya, tak ada salahnya juga bertanya dan mencari referensi kosmetik yang sesuai dengan tipe kulit Bunda saat ini. Mari bijak dalam membeli dan menggunakan kosmetik!

Leave a Reply