Menemukan Cara Belajar yang Sesuai

Alhamdulillah, akhirnya kali ini masuk ke materi dan tugas Jurnal ketiga di perkuliahan Bunda Cekatan Ibu Profesional. Pada materi kali ini, kami belajar memahami pentingnya ilmu untuk menambah keterampilan, itulah mengapa kita perlu belajar bagaimana cara belajar yang efektif dan paling sesuai bagi pribadi masing-masing. Selain itu kita juga semakin tahu ilmu apa saja yang harus dipelajari untuk menguatkan dan mengasah keterampilan kita, agar tak semua ilmu yang bertebaran asal kita lahap, sehingga terjadi badai informasi, stres dan bingung dalam mempelajarinya. Hingga pada akhirnya kita akan tahu kegiatan apa saja yang akan membuat kita bahagia dan bahagia banget sebagai seorang perempuan, istri, dan ibu.

Pada materi kali ini Ibu Septi mengajak para mahasiswa IIP untuk memahami betul pola belajar apa dan bagaimana yang aku banget. Kami diajarkan untuk belajar merdeka dengan merdeka belajar. Merdeka belajar di sini bukan berarti bebas tak terkendali, tetapi merdeka dalam arti independent, mandiri, tidak bergantung pada orang lain. Merdeka belajar di sini berarti kemauan dan tindakan untuk mencari-mempelajari ilmu hingga tuntas.

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat kita menerapkan merdeka dalam belajar, antara lain:

  1. Komitmen pada tujuan. Temukan alasan mengapa kita harus komitmen di bidang itu (bidang yang akan kita pelajari).
  2. Mandiri pada cara. Mandiri belajar berarti tidak boleh hanya bergantung pada mentor atau cara belajar orang lain. Cari dan temukan cara belajar yang paling tepat untuk diri sendiri, jangan sampai hanya ikut-ikutan melahap semua ilmu dan terjadi kebingungan atau badai informasi.
  3. Refleksi. Lakukanlah refleksi diri dengan membuat catatan, apa saja yang sudah bagus, apa yang harus/bisa dilakukan, hal apa saja yang bisa membuat saya berubah lebih baik di esok hari. Terus lakukan evaluasi apakah sudah efektif cara belajar kita, apakah ada hal yang perlu diganti atau dipertahankan.

Setelah menyimak materi dan diskusi bersama Ibu Septi dan teman-teman, di jurnal kali ini saya akan melakukan refleksi pembelajaran dari sebelumnya, yaitu revisi untuk beberapa prioritas keterampilan yang ingin saya asah dalam waktu terdekat. Selain suka dan bisa, pemilihan prioritas keterampilan yang ingin diasah berdasarkan pengukuran seberapa penting dan mendesak penguasaan dan pemahaman ilmu yang harus segera saya latih pada saat ini. Tahap selanjutnya adalah menentukan tujuan dari belajar, turunan ilmu, sumber ilmu, hingga cara belajar yang paling sesuai dengan kepribadian dan rutinitas saya. Berikut adalah hasilnya.

Leave a Reply