Sofyan Inn, Hotel Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta

Hotel Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta

Challenge Rumah Belajar Menulis: Membuat Kerangka Tulisan dan Mengembangkannya.

Kerangka tulisan:
– Pergi ke Yogyakarta
– Mencari dan memilih hotel yang sesuai
– Konflik saat memilih hotel
– Menemukan hotel yang sesuai
– Pertimbangan memilih hotel
– Ulasan mengenai hotel
– Kesan menginap
– Tips

Narasi pengembangan kerangka tulisan:

Beberapa minggu lalu, aku berkesempatan mengunjungi Kota Yogyakarta bersama anak semata wayang, ibu, dan adik perempuanku. Sudah lama aku ingin pergi berwisata ke kota gudeg ini, setelah kuingat terakhir pergi kesana adalah saat aku masih duduk di bangku SMA. Rindu rasanya dengan Kota Keraton dengan adat Jawa yang begitu kental dan keramaian Malioboro yang selalu mengajak untuk disinggahi kembali.

Siapa sangka, kepergianku ke Yogyakarta kali ini malah bukan karena untuk berangkat liburan, melainkan untuk menghadiri Konferensi Ibu Profesional yang diselenggarakan pada tanggal 16-18 Agustus 2019. Rejeki nih, pikirku karena bisa ngilmu sekalian jalan-jalan, hehe. Aku pun bersama rombongan keluarga memutuskan untuk berangkat naik Kereta Api dari Malang. Kami berangkat tanggal 15 Agustus malam dengan manaiki Kereta Malioboro Ekspres dengan tarif Rp170.000,00 per kursinya. Berangkat pukul 20.10 dari Stasiun Kota Malang, kami tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta sekitar pukul 03.40 WIB. Saat itu kami sengaja belum memesan hotel atau penginapan, karena rencana kami ingin menginap di penginapan dekat stasiun sembari menunggu waktu check-in siang di hotel tempat terselenggaranya Konferensi Ibu Perempuan.

Singkat cerita, kami mencoba mencari, melihat-lihat beberapa penginapan di sekitar Stasiun Tugu untuk perbandingan, karena membawa balita, kenyamanan si anak juga menjadi pertimbangan. Ada saat dimana anakku Yusuf menangis terus saat momen sampai di sebuah penginapan, tidak mau masuk, dan akhirnya membuat kami berpindah dan mencari tempat lainnya lagi. Fiuuh ternyata cukup melelahkan pemirsaah. Pada akhirnya kami kembali ke pilihan hotel yang pertama kami tuju, tepat di depan Stasiun Tugu agak serong ke kiri, Sofyan Inn Hotel Unisi Yogyakarta.

Sofyan Inn, via booking.com

Sofyan Inn ini berada sangat dekat dengan Stasiun Tugu, tinggal menyeberang jalan saja kita sudah bisa cepat sampai disana. Selain dekat dengan stasiun, hotel ini juga sangat dekat dengan Malioboro, hanya berjarak sekitar beberapa meter, kita cukup berjalan kaki selama 5 menit atau naik becak untuk kesana.

Sofyan Inn, via agoda.com

Sofyan Inn beralamat lengkap di Jalan Pasar Kembang No.42, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Ketika model hotel ini seperti smart hotel dengan fasilitas bintang 3 yang tanpa ada fasilitas kolam rennagnya, namun ternyata hotel ini berbintang dua loh. Kami sekeluarga sangat senang dan cukup nyaman dengan kebersihan hotel. Fasilitas kamar hotel juga cukup memadai, sudah disediakan toileters, handuk, dan mini bar. Kami mendapatkan kamar dengan tipe deluxe twins bed room menghap ke stasiun langsung. Si kecil sangat senang karena bisa melihat lalu layang mobil, juga kereta api dari jendela kamar hotel. Wah rasanya cukup puas dijadikan tempat istirahat sejenak kami saat itu. Oh ya, hotel ini termasuk hotel syariah, yaitu hotel yang memiliki konsep memudahkan ibadah umat muslim. Fasilitas shower-kran air misalnya untuk bisa digunakan berwudhu, indikator kiblat, sajadah, dan bahkan Al Quran juga disediakan disini loh! Mushola bersama pun disediakan, seingat saya ada di lantai 2 atau 3.

Senang, leluasa melihat mobil dan kereta, via dok. pribadi

Uniknya lagi, Sofyan Inn ini ternyata juga menyediakan paket short-stay selama 6 jam loh. Cocok sekali untuk yang butuh istirahat dan transit sejenak jika tiba di Yogya dini hari atau subuh usai naik kereta, jadi kita tak perlu bayar uang sewa kamar penuh jika memang hanya sebentar di sana. Tenang, karena hotel ini berkonsep syariah, InsyaaAllah aman, jika akan check-in bersama pasangan juga diminta kartu identitas kita.

Dekat dengan Malioboro, via dok. pribadi

Kesan keseluruhan menginap di sini, kami cukup puas, bahkan di hari terakhir event sebelum kepulanganku ke rumah, suami menyusul dan kami sempat menginap lagi sehari di sini, ceritanya mau jalan-jalan dulu di sekitar Malioboro, dan supaya dekat dengan stasiun pastinya. Nah kalau teman-teman penasaran seperti apa hotelnya bisa cek aja di situs resminya, https://hotelunisi.com/.

Sekian cerita perjalanan singkatku di Yogyakarta yaa, sebenarnya masih banyak yang ingun kubagi, tapi nanti saja lagi, di postingan selanjutnya kita berjumpa kembali, hihi. Kali ini aku kasih tips dulu aja ya, sebelum kita memilih penginapan/hotel, sebaiknya:

  1. Cari jauh-jauh hari, juga pesan sebaiknya jauh-jauh hari, karena biasanya kita bisa memperoleh ekstra harga lebih murah dan ketersediaan kamar jika pesan di waktu yang tidak mepet.
  2. Lihat ulasan pengunjung, dengan melakukannya kita akan tahu dan punya gambaran seperti apa penginapan/hotel yang akan kita tempati. Sebaiknya jangan melihat 1 atau 2 komentar/ulasan pengunjung, lihat secara umum agar tahu bagaimana penilaian mayoritas yang pernah singgah di sana.
  3. Lakukan pemesanan/booking dengan fasilitas yang memudahkanmu. Sekarang ini banyak aplikasi pemesanan hotel/penginapan yang menyediakan fasilitas bayar di tempat/pilih transfer, dan pembatalan gratis. Nah pilihan ini dapat kita manfaatkan jika memang sewaktu-waktu kita ingin mengganti atau membatalkan pemesanan kita.
  4. Teknologi dalam genggaman semakin mudah ya untuk kita mencari informasi, untuk itu jangan malas untuk mencari info terutama mengenai tempat yang akan kita kunjungi atau singgahi. Semakin kita matang dalam perencanaan, semakin dimudahkan saat kita eksekusi liburannya.

Leave a Reply