Wah, Perlu Ada Family Financial Planner, nih!

Kali ini saya masih bergelut dengan laporan menyelesaikan tantangan game kedelapan kelas Bunsay dengan tema Cerdas Finansial. Kira-kira apa yaa yang sudah saya lakukan dan perlu dilaporkan terkait tantangan tersebut? Sebenarnya banyak yang ingin saya tulis dan bagi dalam beberapa artikel mengenai manajemen keuangan keluarga dan strategi untuk meraih predikat cerdas dan bijak secara finansial. Di hari pertama saya telah mengulas pentingnya cerdas finansial bagi ibu rumah tangga, hari kedua adalah mengenai penggunaan aplikasi berbasis android sebagai penunjang pencatatan pengeluaran keuangan keluarga, hari ketiga saya perjelas penggunaan aplikasi tersebut dengan adanya fitur alarm di dalamnya, yang bermanfaat sekali mengingatkan kita agar tidak terlewat alias lupa mencatat. Hari keempat saya berbagai manfaat melakukan pencatatan pengeluaran keluarga. Hari selanjutnya atau hari kelima saya singgung pentingnya melakukan perencanaan keuangan disamping pencatatan pengeluaran.

Nah hari ini masuk ke hitungan hari keenam saya melakukan tantangan ini. Pada hari ini saya telah membaca dan menghayati kembali tulisan yang saya buat sebelumnya. Tentunya agar tidak menjadi sebuah wacana, tapi juga serius dan benar-benar dapat maksimal dilakukan. Hari ini pun saya tak lupa untuk mencatat pengeluaran keuangan keluarga yang telah dilakukan. Malam hari seperti inilah waktu khusyuk untuk menata “catatan-catatan kesibukan” bagi ibu rumah tangga semacam saya, hehe.

Ditengah-tengah melakukan pencatatan pengeluaran dan mulai menyusun rencana keuangan keluarga, saya mulai terpikir perlunya semacam rancangan family financial planner yang bisa diterapkan oleh semua keluarga secara umum / bersifat geneal. Wah pemikiran ini sekaligus menjadi tantangan dan motivasi untuk saya buat dan rumuskan. Manfaatnya? Tentu saja akan banyak membantu untuk mengelola keuangan keluarga. Mungkin saat ini dalam lingkup keluarga kecil saya terlebih dahulu. Namun kedepannya bila sudah melalui proses trial and error serta evaluasi yang dibarengi riset, maka kemungkinan besar juga akan saya go public-kan. Hehe, semoga saja bisa menjadi the next family project ya! 😄😍

Leave a Reply