Instagramable, Ini 6 Panduan Wajib Main ke Desa Wisata Pujon Kidul Malang

Yuk Main ke Desa Wisata Pujon Kidul yang Instagramable!

Lantaran sangat beragam dan banyaknya tempat kuliner dan wisata di Kota Malang, membuat para wisatawan merasa seminggu saja nggak cukup buat menjelajah Kota Apel ini. Salah satu nya berada di daerah Pujon, wilayah dari Kabupaten Malang yang berbatasan dengan Kota Batu dan Kabupaten Kediri. Gampangnya, kalau kamu cari Kecamatan Pujon ini berada tepat setelah kota Batu, jika kamu berangkat dari kota Malang.

Ini recommended banget buat kamu yang pengen mencari pemandangan alam yang masih asri, udaranya segar, eco-friendly alias ekonomis, sekaligus tempat kece yang Instagramable. Berikut 5 panduan kalau kamu mau main ke sana.

1. Desa wisata Pujon Kidul, nongkrong asik di tengah sejuknya persawahan

Pujon Kidul atau tepatnya disebut dengan Desa Wisata Pujon Kidul terletak di Krajan, Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Tempat wisata yang satu ini terbilang unik karena mengusung konsep kafe dengan latar belakang persawahan hijau dan pegunungan.

Disini kamu bisa berfoto-foto ria dengan banyaknya spot menarik yang sudah disediakan oleh pengelola. Tempat wisata ini buka setiap hari. Bila di hari Senin hingga Jumat, Desa Wisata Pujon Kidul buka mulai pukul 08.0019.00 WIB. Akhir pekan akan buka lebih lama, yaitu dari jam 08.00-21.00 WIB.

2. Harga tiket masuk dan fasilitas kece yang ada di Desa Wisata Pujon Kidul

Selain bebas foto di area Kafe Sawah, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana yang mulai banyak bermunculan di wilayah Desa Wisata Pujon Kidul ini. Dari tahun ke tahun, pihak pengelola maupun warga sekitar banyak yang melakukan pembenahan dan penambahan wahana di area wisata.

Salah satunya, saat ini telah ada Zona Fantacy Land, di sana terdapat kolam renang anak. Cukup membayar biaya tambahan sebesar Rp. 10.000. Selain itu kamu juga bisa mencoba masuk ke Area Petik Stroberi, Taman Budaya, Wahana Paintball dan Area The Round 78.

Untuk tiket masuk ke area Desa Wisata Pujon Kidul sangat murah Rp. 8.000 kamu sudah bisa masuk foto-foto, nongkrong, sekaligus menikmati suasana alam yang ada. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir dan kamu masih dapat voucher senilai Rp. 5.000 yang bisa kamu gunakan untuk membeli makanan di dalam area wisata.

Bukan cuma itu, untuk mencoba beberapa wahana dan area tertentu seperti paimtball, berkuda, berenang, memang ada biaya tersendiri. Sedangkan untuk masuk ke area Kafe Sawah dan Taman Budaya, sudah gak pakai biaya tambahan lagi. Tapi overall buat yang pengen duduk-dukuk aja sambil cari spot foto yang instagramable, tempat wisata ini worth it banget dengan tiket masuknya yang bisa dibilang murah meriah.

3. Fasilitas toilet dan tempat ibadah juga ada, lho!

Juga disediakan mushola bagi pemeluk agama Islam untuk beribadah. Walau nggak terlalu besar, mushola dan tempat wudhunya cukup bersih dan nyaman. Ada beberapa mukena dan sarung juga yang disediakan disana. Nah, kalau kamu yang ingin ke mushola, bisa ke area Kafe Sawah dan di dekat area Pujasera. Toilet juga ada, kok. Jadi tenang saja, ya.

4. Makan, minum dan belanja oleh-oleh sepuasnya!

Mau cari yang murah sampai yang agak mahal juga ada. Jalan aja di sekitar pujasera dan kios warga di sepanjang jalan area wisata. Selain bisa wisata kuliner disini, kamu juga bisa sekalian beli beragam souvenir khas yang bisa dijadikan oleh-oleh.

5. Akses menuju Desa Wisata Pujon Kidul

Kalau.kamu ke kota Batu, terus aja menuju daerah wisata “Payung”, setelah daerah payung, masih terus ke arah pertigaan Patung Sapi (pertigaan yang juga menuju arah Wisata Coban Rondo). Masuk Gang Beringin , lurus saja kira-kira 4km, nanti bakalan ada penunjuk jalan menuju Desa Wisata Pujon Kidul. Kalau kamu masih ragu selama perjalanan, gak ada salahnya untuk bertanya pada warga sekitar, ya.

6. Tips nyaman berwisata ke Desa Wisata Pujon Kidul

  • Berangkat pagi-pagi, walau baru buka pukul 08.00 WIB, sebaiknya prepare lebih awal akan lebih baik. Hal ini untuk menghidari kemacetan lalu lintas di sekitar kota Malang dan Batu, apalagi jika di akhir pekan, sekaligus agar bisa mengabadikan pemandangan foto yang epik.
  • Bawa topi, kacamata atau paying untuk terlindung dari teriknya matahari.
  • Bawa obat yang kamu butuhkan, karena lokasi cukup jauh dari apotek / toko obat.
  • Pakai alas kaki yang nyaman, karena jalanan yang naik turun dan cukup jauh dari area parkiran.
  • Untuk yang membawa anak bayi/balita, kamu bisa manfaatkan stroller di jalanan naikan/turunan yang rata, tapi untuk area bertangga, stroller terpaksa kamu angkat-angkat juga.
  • Pastikan peralatan memotretmu sudah full charge, biar siap dipakai dengan bebas.
  • Bersenang-senanglah! Karena sudah kesini, maka inilah waktu untuh re-charge energi positif kembali!

Jadi gimana nih, kamu tertarik gak main ke Desa Wisata Pujon Kidul?

Leave a Reply