Ciptakan Rumah Rapat Anti Kecoa dan Tikus

a

Yay! Alhamdulillah hari ini hari libur, hari Minggu. Agenda beberes kali ini, aku dan suami sepakat untuk menciptakan rumah aman dari gangguan tikus dan kecoa. Apakah sebelumnya rumah yang kami tempati ini tidak aman? Yup, sayangnya memang begitu kenyataannya. Ada lubang yang terbuka di saluran air wastafel dan tempat aliran hujan, letaknya di ruang dapur kami.

Bau masakan bisa jadi pemicu kecoa dan tikus masuk ke dapur dengan memanfaatkan lubang yang ada sekecil apapun itu. Uhhh sebal dan geli rasanya membayangkan kecoa dan tikus yang masuk ke rumah. Memang selama tinggal disini satu bulan ini, kami belum pernah sekalipun memergoki binatang-binatang itu secara langsung. Namun seringkali saat akhir pekan kami tinggal mudik ke Malang, ada saja bekas kotoran tikus di dekat lubang tersebut. Sukses bikin aku geram seketika. Jadi khawatir juga dengan penyakit yang bisa dibawa mereka, terutama khawatir terhadap si kecilku, Yusuf.

Untungnya selama ini aku senantiasa menjaga kebersihan dapur agar tidak ada sisa makanan yang tercecer disana. Tempat sampah pun selalu kami tutup rapat-rapat. Bahan makanan juga senantiasa aman tersimpan rapat di lemari khusus makanan. Sudut-sudut dapur pun selalu kuberi kapur barus agar mereka tak betah.

Walau demikian bukan berarti keberadaan tikus atau kecoa dibiarkan begitu saja. Harus dihentikan dan ditutup aksesnya. Oleh karena itu hari Minggu pagi kami sudah meminta bantuan tukang untuk menutup lubang akses masuk mereka dengan semen dan tegel. Selang saluran air di bawah wastafel pun diberi tutup rapat dan disemen agar tertutup rapat. Selain itu, kami juga memasang kassa kawat pada lubang pipa yang terletak di luar rumah, agar kemanan rumah semakin terjamin dari gangguan tikus dan kecoa yang ada. Fiuuh alhamdulillaaaah, lega rasanya sekarang. Tak perlu was-was dan khawatir tikus-kecoa merajalela 😊.

Leave a Reply