Cerdas Finansial bagi Ibu Rumah Tangga

Judul materi kelas Bunsay di level kedelapan kali ini adalah Mendidik Anak Cerdas Finansial, yang dalam setiap penjabaran yang diberikan banyak mengulas bagaimana orangtua dapat mengambil peran dalam pengenalan uang sebagai bagian kecil dari rezeki yang Allah berikan, sekaligus menstimulasi anak agar dapat melakukan pengelolaan yang baik terhadapnya. Materi kali ini cukup menarik perhatian saya sebagai Ibu Rumah Tangga. Saya tergeletik sekaligus ikut tersentil dengan materi kali ini. Karena saya sadar, sebelum mendidik anak untuk dapat cerdas secara finansial, orangtua terutama ibu tentunya harus memberikam contoh untuk bijak dan cerdas dalam pengelolaan keuangan rumah tangga.

Sebelumnya mari kita cari tahu terlebih dahulu apa itu cerdas finansial. Dalam materi pertama yang telah diberikan pada game level ini, dijelaskan bahwa menurut para ahli cerdas finansial adalah kemampuan seseorang untuk mendapatkan dan mengelola keuangan. Jika disesuaikan dengan konsep di Ibu Profesional bahwa uang adalah bagian kecil dari rejeki, sehingga dengan belajar mengelola uang artinya kita belajar bertanggungjawab terhadap bagian rejeki yang kita dapatkan di dalam kehidupan ini.

Selain sebagai tanggung jawab terhadap rezeki yang telah Allah berikan, cerdas finansial yang dilakukan oleh para ibu/mommy di.rumah juga sebagai tindakan tanggung jawab atas delegasi yang suami dan keluarga berikan terhadap kepercayaan mereka menjadikan mommy sebagai manajer utama keuangan keluarga. Kebetulan karena saat ini buah hati. saya masih berusia di bawah 1 tahun dan belum dapat dilatih dan dididik untuk cerdas finansial, maka selama 10 hari kedepan saya akan melakukan tantangan cerdas finansial ini sebagai seorang ibu rumah tangga, sang manajer andalan keluarga. Akan saya bagikan pengalaman, tips, dan trik yang dapat dijadikan pelajaran berasama dalam mengelola keuangan keluarga. Jadi, ikutin terus ya, Mom!

Leave a Reply