3 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Memiliki wajah putih, cerah, dan bercahaya masih menjadi idaman banyak wanita hingga saat ini. Banyak produk kecantikan yang berlomba-lomba menawarkan keunggulan dalam membuat wajah tampak lebih putih dalam setiap promosi penjualannya. Berbagai jenis produk buatan pabrik, keluaran klinik kecantikan, hingga produk perawatan home made tak sedikit yang mengklaim mengandung bahan yang dapat membuat kulit wajah tampak cerah dan putih dari sebelum menggunakan produk. Tahukah Mom, ternyata manfaat dari beberapa penggunaan bahan alami berikut malah tak kalah manjur untuk membuat wajah Mommy tampak lebih putih. Tanpa pengawet dan campuran bahan kimia, bahan alami ini berikut bisa dengan mudah Mommy temukan di rumah sebagai bahan perawatan memutihkan wajah!

1. Air cucian beras
Dalam beras terdapat oryzanol, kandungan yang memiliki kemampuan untuk menangkal sinar ultaviolet ke dalam kulit. Sedangkan air cucian beras dipercaya mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta asam amino yang baik bagi kesehatan kulit. Membasuh wajah dengan air cucian beras sudah banyak dilakukan wanita sejak jaman dahulu. Selain mempunyai manfaat mencerahkan wajah, sifat air beras yang mendinginkan juga biasa digunakan untuk membantu menyembuhkan jerawat. Air beras juga memiliki manfaat membantu menghilangkan flek hitam dan mengurangi kelebihan minyak di wajah.
Salah satu guruku yang selalu terlihat segar dan awet muda, dulunya pernah berbagi rahasia padaku. Ia selalu memanfaatkan air cucian beras untuk mencuci wajahnya setiap pagi. Caranya sangat amat mudah Mom! Setiap kali Mommy akan memasak nasi, pasti mencuci beras putihnya dulu kan?! Nah, jangan sia-siakan air cucian beras begitu saja, gunakan untuk membilas wajah dan biarkan hingga air kering dan meresap di wajah.

2. Putih telur
Putih telur sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang membantu menghilangkan flek hitam di wajah, sekaligus pengecil pori. Putih telur juga biasa digunakan untuk masker yang dapat membantu mencerahkan wajah. Masker putih telur adalah salah satu masker alami favoritku! Selain mudah didapat dan diaplikasikan, masker putih telur terbukti membantu meratakan warna kulit yang tidak merata (belang) akibat paparan sinar matahari. Penggunaan secara berkala juga membuat wajahku tampak lebih putih dari sebelumnya. Masker putih telur juga membuat wajahku terasa lebih kencang dan kenyal loh, Mom!
Cara membuat masker putih telur ini sangat mudah, Mommy tinggal pisahkan antara bagian kuning dan putih telurnya. Ambil bagian putihnya, kemudian oles merata pada wajah dengan bantuan kuas atau kapas. Diamkan hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat, kemudian air dingin.

3. Jeruk lemon
Jeruk lemon memiliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang amat besar. Beberapa senyawa asam yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat mencerahkan kulit dan melindunginya dari pengaruh radikal bebas. Mommy bisa menggunakan sari perasan jeruk lemon untuk diaplikasikan langsung sebagai masker atau mencampurnya terlebih dahulu dengan madu. Oleskan merata pada wajah, tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

Sebelum mencoba mengaplikasikan secara teratur bahan-bahan alami di atas untuk perawatan kecantikan wajah, ada baiknya Momny juga memperhatikan apakah kulit wajah Mommy sensitif terhadap bahan tertentu, sehingga jika diperkirakan ada indikasi alergi/ketidakcocokan, sebaiknya Mommy stop menggunakan bahan alami tersebut. Misalnya nih, pada kondisi wajahku alhamdulillah cocok menggunakan ketiga contoh bahan alami yang kusebutkan di atas, tapi pernah juga aku mencoba masker dengan bahan madu asli atau mencampurkan madu dengan lemon untuk masker, aku merasakan gatal-gatal di wajahku. Jadi hingga saat ini aku tak pernah lagi menggunakan campuran madu pada perawatan alami kulit wajahku. Walau memang, madu juga memiliki manfaat mencerahkan dan melembabkan kulit wajah.

Leave a Reply