3 Cara Melatih Anak Puasa Ramadan

Mengajak anak untuk berpuasa tak ada salahnya dilakukan sejak dini, sebelum ia baligh dan berkewajiban penuh melakukannya. Hal tersebut dilakukan agar anak menjadi terbiasa dan mudah menyesuaikan untuk berpuasa secara bertahap hingga penuh selama satu bulan. Ada beberapa cara yang bisa Mommy lakukan untuk melatih anak berpuasa di bulan Ramadan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kenalkan anak tentang ibadah puasa

Sebelum mengajak anak untuk ikut serta, ada baiknya Mommy kenalkan terlebih dahulu tentang apa itu puasa, bagaimana cara mengerjakannya, mengapa dikerjakan, apa saja keutamaanya, dan sebagainya. Mommy bisa bercerita dengan bantuan buku cerita anak tentang puasa, atau pengalaman Mommy saat kecil berlatih puasa dulu, Beri motivasi dan semangat pada anak untuk ikut mencoba berpuasa. Sering lakukanlah sounding positif tentang ajakan puasa kepada anak di saat sebelum ia tidur.

  1. Mulai dengan menjadi teladan

Anak adalah peniru yang ulung, ia akan dengan cepat menangkap dan meniru perilaku di sekitarnya, terutama dari kedua orangtuanya. Jika memang Mommy ingin sang anak bisa beribadah dengan taat, salah satunya yaitu mulai belajar berpuasa, maka Mommy dan Daddy harus menjadi contoh yang baik baginya. Tunjukkanlah kebahagiaan menyambut bulan suci Ramadhan dan kesenangan mengerjakan setiap ibadah serta amalan-amalan di bulan ini. Dengan demikian, anak akan belajar untuk cinta dan mau melaksanakan ibadah-ibadah di bulan Ramadan.

  1. Ajak anak untuk ikut sahur dan berbuka bersama

Walau mungkin sang anak belum berpuasa penuh, ajaklah ia untuk bangun makan sahur dan menyegerakan berbuka bersama. Kebiasaan ini akan melatihnya kelak terbiasa menjalankan rutinitas sunah berpuasa di bulan Ramadan

  1. Beri apresiasi sebagai penyemangat

Sesekali Mommy bisa memberinya apresiasi berupa pujian dan hadiah khusus jika ia bisa menyelesaikan latihan puasanya secara bertahap hingga penuh. Beri pengertian juga bahwa hadiah terbesar jika terus melakukannya adalah ridha dan kasih saying Allah padanya, agar seiring waktu  ia pun mulai belajar bahwa puasa yang dilakukan oleh manusia semata-mata hanya karena Allah SWT.

  1. Latih secara bertahap

Jangan langsung memarahi anak jika tiba-tiba ia ketahuan makan di siang hari saat ia tengah belajar berpuasa. Maklumi dan beri pengertian pada anak untuk melanjutkan puasanya kembali setalah ia makan. Mommy bisa mulai melatih anak puasa secara bertahap, misalnya dengan puasa setengah hari atau biasa disebut dengan puasa bedug.

Leave a Reply