3 Cara Cepat dan Praktis Memasak Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Tak terasa ya, Mom bulan Ramadan telah datang lagi. Seneeeeng banget rasanya. Bersyukur karena masih diberi waktu dan kesempatan untuk berjumpa kembali. Semoga kita juga diberi kekuatan, kesehatan, dan kenikmatan untuk menjalankannya hingga tuntas ya! Aamiin.

Cepat dan praktis saat memasak

Mumpung masih awal bulan Ramadan gini, aku mau berbagi tips praktis menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa dengan cepat, efektif, dan efisien, namun tentunya bukan sulap bukan pula sihir, hihi. Tips berikut terbukti cukup membantu sih untukku Mom, terutama setelah ada krucil yang selalu riang gembira penginnya nempel terus, padahal kerjaan masih banyak dan belum nyiapin apa-apa buat buka puasa 😭. Hayoo siapa yang juga pernah ngerasa atau masih melalui masa-masa kerempongan ini?! Hehe keep smile aja deh Mom, sambil tetep dinikmati, yuk kita intip beberapa cara yang bisa Mommy coba untuk membuat momen menyiapkan menu buka puasa terasa lebih ajaib, eh lebih praktis maksudnya, hihi.

1. Buat menu mingguan/bulanan

Daftar menu sahur dan berbuka

Jika berencana tidak masak, yaa tinggal pesen ke katering tetangga, beli di deretan stan bazar takjil, atau yaa go food-in aja ya jaman sekarang, Mom. Haha. Tapi kalau memang telah bertekad kuat ingin membuat menu berbuka sendiri untuk keluarga, Mommy bisa mulai membuat daftar menu secara berkala, bisa dalam rentang satu minggu atau sekaligus satu bulan. Hal ini akan membantu Mommy jika tiba-tiba blank dan bingung mau masak apa, yang pada akhirnya membuat Mommy hanya tetap bingung dan tidak jadi masak. Siapa yang sudah biasa gini? Aku kadang juga gitu kok Mom. Oya, keuntungan membuat daftar menu terjadwal ini juga akan sangat berguna ketika menentukan mau belanja apa. Nah ini juga problem emak-emak nih ya, kalau tukang sayur kebanyakan variasa jualan, bingung beli apa, kalau tinggal sedikit jualannya, juga bingung beli apa khan?! Dikarenakan Mommy sudah punya gambaran mau masak apa dari daftar menu yang sudah dibuat, Mommy juga bisa prepare lebih matang bahan masakannya. Belanja pun lebih terarah, sesuai dengan apa yang mau dimasak.

2. Siapkan bumbu dasar memasak

Resep bumbu dasar, via chefbyaccident.com

Memiliki persediaan bumbu dasar di kulkas benar-benar bisa memotong waktu berlama-lama di dapur menjadi lebih cepat loh, Mom! Kita tak perlu lagi repot memotong bawang atau menghaluskan dan membuat racikan bumbu setiap kali akan memasak. Di Indonesia, umumnya kita mengenal 3-4 jenis bumbu dasar. Kalau yang biasa kupakai 3 jenis saja, yaitu bumbu dasar merah, bumbu dasar putih, dan bumbu dasar kuning. Bumbu dasar merah bisa digunakan untuk memasak nasi goreng, balado. Bumbu dasar kuning bisa digunakan untuk memasak soto atau ungkep ayam. Bumbu dasar putih banyak digunakan untuk berbagai jenis masakan, masakan tumis dan saat membuat sayur juga bisa ditambahkan bumbu dasar putih ini. Jika merasa masih tidak sempat membuatnya, Mommy bisa membeli bumbu dasar jadi ini di pasar/swalayan. Sebelum membeli, pastikan kebersihan tempatnya dan kesegaran aroma dan tekstur bumbu dasar tadi.

3. Siapkan bahan masakan dalam keadaan ready to cook

Food preparation, via hellonutritarian.com/eat-live-fridge/

Melakukan hal ini memang membutuhkan waktu persiapan di awal, namun akan berguna saat Mommy memiliki waktu yang sempit untuk memasak. Saat senggang, Mommy bisa mulai mencuci bersih dan memotong-motong sayuran yang nantinya akan dimasak. Mommy juga bisa membaluri ikan, tempe, tahu dengan bumbu, kemudian simpan di dalam kulkas, kalau mau masak tinggal cemplung-cempung deh, hehe.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Mommy aplikasikan agar dapat menghemat waktu dan tenaga saat memasak. Selain dapat digunakan saat momen Ramadan, ketiga langkah tersebut juga sebaiknya dipraktikkan saat menyajikan makanan dalam keseharian, agar acara masak-memasak jadi semakin cepat dan praktis. Selamat mencoba, Mom!

Leave a Reply