5 Ide Unik Bingkisan Lebaran Pengganti Galak Gampil

Tak terasa sebentar lagi lebaran telah tiba ya, Mom! Momen lebaran, selain identik dengan tradisi silaturrahim dan saling maaf-memaafkan, juga masih kental dengan budaya memberi uang saku alias galak gampil kepada anak-anak dan keponakan. Biasanya, beberapa anak yang masih kecil sebenarnya masih belum begitu paham uang dan tak tahu akan untuk apa uang saku yang diperoleh. Sebagian anak ada yang senang menggunakannya untuk membeli mainan, jajan secara kontinyu sampai nggak lega kalau duit yang dipegangnya masih ada, haha karena kapan lagi ya mungkin pikirnya bisa bebas beli ini itu dengan jumlah uang yang lebih banyak dari yang biasa dia punya. Sebagian anak lainnya ada yang sudah mulai pandai menabung uang galak gampilnya, dan sisa anak lainnya sih biasanya dikasihkan ke orangtua aka emaknya gini, hehe mayan kan Mom, buat tambahan beli susu doi, haha. Nah, sebenarnya ada alternatif lain loh yang bisa Mommy berikan pada anak-anak dan keponakan saat lebaran tiba, sebagai pengganti uang. Beberapa rekomendasi barang ini siapa tahu malah lebih memberi manfaat untuk mereka. Yuk cek ada apa aja sih?!

Celengan anak, via banggood.com

1. Celengan

Saat memberi bingkisan celengan kepada anak-anak, maka secara tidak langsung Mommy sudah mengajak mereka untuk terbiasa cerdas finansial sejak dini, apalagi di momen lebaran seperti ini, mereka biasanya akan sering mendapat tambahan banyak uang dari kerabat. Nah, daripada uangnya habis begitu saja untuk kesenangan sementara, alangkah lebih baik jika mereka belajar menyimpan uang dalam celengan. Sifat celengan yang tahan lama juga dapat digunakan secara berkelanjutan oleh anak. Tak hanya anak, para orangtua pun pasti juga senang dong, kalau anak-anaknya jadi gemar menabung sejak kecil. Harga celengan juga sangat terjangkau, mulai dari 5ribu rupiah hingga kisaran di bawah 50ribu rupiah. Beri quotes berupa motivasi menabung agar anak semakin semangat untuk menggunakannya.

Bingkisan alat ibadah, via inkuiri.com

2. Alat ibadah

Pilihan bingkisan selanjutnya adalah alat ibadah, misalnya sajadah anak, tasbih, Al Quran, mukena, dan sebagainya. Mommy bisa pilih salah satu saja, eh tapi kalau mau lengkap sepaket sih juga nggak dilarang, hehe. Selain membawa manfaat guna, memberikan bingkisan berupa alat ibadah kepada anak sekaligus sebagai langkah mengajaknya untuk semakin rajin beribadah sedari dini. Hal ini juga sekaligus sebagai ikhtiar kita para orangtua untuk mendidik anak-anak dekat dengan Tuhannya.

Peralatan sekolah anak, via amazon.in

3. Peralatan sekolah

Momen lebaran seringkali bersamaan dengan momen pergantian tahun ajaran baru sekolah. Peralatan tulis seperti kotak pensil, sepaket alat tulis, buku tulis, tas sekolah, kaos kaki, atau tempat bekal sekolah bisa menjadi alternatif bingkisan yang sangat pas. Anak-anak akan sangat senang menerimanya dan insyaAllah akan berguna saat mereka hendak masuk sekolah nanti.

Bingkisan buku anak, via coolmompicks.com

4. Buku bacaan

Ini dia salah satu alternatif bingkisan yang membuatku juga berbinar-binar, buku bacaan! Yup, memberikan buku bacaan pada anak sebagai langkah mengajak mereka untuk cinta literasi dan gemar membaca sejak dini. Buku bacaan yang dipilih tidak harus yang mahal kok, Mom. Banyak macam dan jenis buku bacaan anak yang masih terjangkau dijual di pasaran dan toko buku. Pilihan buku bacaannya bisa berupa buku cerita keteladanan, buku pengetahuan, buku imajinasi, dan beragam buku bacaan anak lainnya. Mommy bisa menentukan sendiri kira-kira jenis buku bacaan seperti apa yang sesuai untuk anak-anak atau keponakan Mommy sesuai usia mereka. Pastikan buku yang dipilih merupakan buku khusus anak-anak ya Mom, jangan sampai kebobolan malah memberi komik tapi ada muatan atau unsur remaja/dewasanya, aah bisa malah berabe nih! XD

Bingkisan snack imut, via dhgate.com

5. Bingkisan makanan/kue

Anak-anak sangat senang jika diberi makanan dan kue. Seringkali jika diberi uang, mereka banyak menghabiskannya untuk membeli jajanan, ya nggak Mom?! Nah, Mommy bisa membuat sendiri bingkisan yang berisi kue/makanan anak-anak pengganti uang galak gampil. Mommy bisa mengisi bingkisan tersebut dengan isian snack anak, coklat, jelly, dan biskuit. Biar menarik dan makin imut, beri pita dan kartu ucapan berupa harapan dan motivasi kepada anak di dalamnya.

Semoga 5 ide unik bingkisan pengganti uang galak gampil tersebut dapat berguna ya, Mom! Eits, kalau Mommy memang sedang banyak rezeki dan tetap ingin memberi galak gampil uang plus bingkisan di atas juga nggak apa-apa kok. Kabarin ya, ntar anakku biar mampir silaturrahim kesana, haha. Apapun itu, yang tak kalah penting jangan lupa niatkan berbagi dan mengajak kebaikan saat kita memberi. Semoga sedekah dan amal ibadah kita diterima di sisi-Nya ya Mom! Aamiin.

Leave a Reply