Manfaatkan Aplikasi Pencatatan Keuangan Keluarga dengan Mudah Lewat “Dompetku”

Melanjutkan visi untuk menyelesaikan tantangan game Bunsay ini, sekaligus memantapkan niat untuk merapikan kembali buku catatan keuangan keluarga yang lama tak terjamah, kali ini saya bertekad untuk konsisten melakukan pencatatan terkait dengan keluar-masuknya keuangan keluarga. Mengapa hal ini dirasa penting? Karena dengan melakukan kegiatan pencatatan secara berkelanjutan akan memudahkan kita untuk melakukan evaluasi anggaran secara berkala, baik harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Evaluasi yang seringkali diterapkan adalah evaluasi bulanan.Dengan adanya catatan pemasukan dan pengeluaran, akan memudahkan Mommy dan keluarga untuk melihat dari mana saja sumber pemasukan keuangan keluarga serta kemana dan untuk apa saja uang tersebut digunakan. Sehingga di akhir bulan Mommy dan keluarga bisa tahu secara rinci penggunaan uang selama ini, tidak hanya diawang-awang yang jadinya malah tak terasa habis tak tahu kemana, hiks hiks.

Selama ini saya biasa menggunakan buku dan melakukan pencatatan keuangan keluarga secara manual tiap malam. Namun karena lupa tak segera dicatat, atau kesibukan lainnya, membuat kegiatan pencatatan saya tersebut tidak berjalan mulus alias kurang konsisten. Seringkali saya juga mencatat keuangan harian keluarga di notes HP, tapi hanya sebatas catatan pengeluaran saja, kurang terstruktur dan terperinci, sehingga sulit dan bikin malas untuk melakukan evaluasi.

Nah, sebagai langkah awal melakukan perubahan cara mencatat laporan keuangan keluarga kali ini, sekaligus niatan agar benar-benar bisa menghayati dan mempraktekkan materi cerdas finansial, saya memutuskan untuk menggunakan aplikasi berbasis android yang dapat memudahkan kegiatan saya ini. Saya cari informasi di internet terkait aplikasi yang banyak direkomendasikan, kemudian saya teliti fitur yang ditawarkan serta kemudahan penggunaannya. Akhirnya pilihan saya jatuh pada aplikasi “Dompetku”. Seperti inilah penampakan aplikasinya.

Saya mulai mengingat-ingat dan melakukan pencatatan keuangan dengan menggunakan aplikasi ini, dimulai pada bulan Juli ini. Kedepannya semoga bisa konsisten dan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi keluarga kami. Untuk ulasan penggunan aplikasi “Dompetku”, tunggu postingan selanjutnya ya! 😉

Leave a Reply