Bermain Bersama Teman Sebaya, Mengajarkan Anak Bersosialisasi sejak Bayi

Bersosialisi? Penting banget nggak sih?! Penting dong, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, nggak bisa hidup sendiri dan senantiasa membutuhkan orang lain. Sebagai mommy, kita sendiri pasti juga kepengen kan bisa luwes bersosialisasi dengan orang lain dan punya hubungan positif terhadap orang-orang di sekitar kita? Nah jangankan kita, anak-anak pun senang kalau bisa bermain bersama teman-temannya.

Sebagai orangtua, pastinya kita juga pingin dong, anak tumbuh menjadi pribadi yang supel, luwes dalam beradaptasi di lingkungan baru, serta memiliki keberanian berinteraksi dengan orang lain. Maka tak ada salahnya jika kita mulai mengenalkan anak-anak pada lingkungan sosialnya sedari ia masih bayi. Jika dibiasakan mengenal lingkungan sosialnya sedari dini, anak jadi tidak mudah rewel bila bertemu dengan lingkungan/orang baru. Hal ini sekaligus dapat menstimulasi kecerdasan emosional sang anak.

Sumber gambar: Dokumentasi pribadi

Begitu pula yang sudah kulakukan pada Yusuf, anakku (6 bulan). Ia sudah mulai kuajak untuk mengenal lingkungan sosial di sekitarnya, dengan cara mengajaknya jalan-jalan setiap pagi, mengajak saat menghadiri undangan sebuah acara, dan sesekali kuajak dia main ke rumah teman sebayanya. Ia pun sangat girang bertemu orang-orang dan mengenal suasana baru, tak hanya di rumah saja bersama mamanya, haha.

Leave a Reply