Adek, Lagi Jetlag ya?!

Alhamdulillah setelah sempat nggak enak badan kemarin lusa, si kecil kondisinya berangsur-angsur membaik. Suhu badannya udah normal kembali, rewelnya juga sudah berkurang. Aku kira setelah balik sehat lagi, jam dan pola tidurnya bakal balik juga seperti sebelumnya. Ehh lha kok ternyata, semalam dia bangun dan nggak tidur-tidur lamaaa banget. Susah ditidurin & maunya ngajak maen aja.

Awalnya sih aku santai-santai aja ku ajak ngobrol santai si adek waktu kebangun jam 9 malam. Lama dan lama dan lamaaa ternyata ia nggak bobo. Sempat rewel minta mimik, udah dikasih eh bangun lafi seger banget. Dari jam 9 sampe kira-kira jam 2 pagi begadang nemenin si adek. Udah aku gendong timang-timang ternyata tetep nggak mau bobo. Dilema, kalau aku biarin pura-pura bobo duluan dia bakal teriak-teriak ngerengek cari temen. Tapi kalau digubris, dianya malah makin semangat ngajak main & semakin lama durasi buat bisa tidur lagi.

Hmm setelah merengek-rengek, si adek ku gendong, dia nggak mau, di taruh di kasur sambil kubacakan buku cerita eh lama-lama juga nggak mau. Akhirnya ku ajak dia keluar kamar dan kunaikkan ke strollernya. Dia malah girang banget, sambil ketawa-ketawa kakinya nendang-nendang penuh semangat. Aduh deeeek, ini sudah lewat tengah malam, malah dikiranya mau ngajak jalan-jalan huhu.

Aku yang kali ini menginap di rumah mertua, otomatis berusaha menenangkan adek biar nggak mengganggu tidur beliau. Tapi namanya juga adek bayi, teriak mengoceh dan menangis semaunya hehe. Papa mama mertua yang dengar dari kamarnya akhirnta ikut bangun juga dan geleng-geleng kepala melihat cucunya yang nggak tidur-tidur dari tadi. Papa mertua akhirnya menyuruhku untuk tidur istirahat dan menggantikanku menjaga adek. Lamaaa si kecil bersikukuh buat bangun, papa menyerah akhirnya digantikan mama mertua yang menjaga adek. Aku yang disuruh tidur tetap nggak bisa tidur sebelum si kecil tidur. Tapi paling nggak selagi baby ditungguin sama eyangnya, aku bisa meluruskan punggung dan santai sejenak.

Jam menunjukkan pukul 2 dini hari akhirnya waktu yang ditunggu tiba. Si kecil mulai menunjukkan tanda-tanda lelah dan mengantuknya. Ia mulai menggosok-gosok matanya dan merengek minta mimik ASI. Langsung kumanfaatkan momen ini untuk berusaha menidurkannya kembali. Walau saat menyusu sepertinya dia masih ingin memaksa bangun untuk main-main, padahal matanya kelihatan teler, berusaha kukerahkan jurus elus-elus, puk puk dan bernyanyi untuk membantunya tidur kembali.

“Adek bubuk ya, sudah dari tadi lhoo bangunnya. Nanti kecapekan. Ini sudah lewat malam loh dek. Besok main-mainnya lagi ya sama mama. Sekarang bubuk dulu yuk nak,” bujukku sambil menatapnya dan mengusap lembut ubun-ubunnya.

Dengan sabar dan berusaha menahan kantuk, terus kubacakan doa dan nyanyian pengantar tidur agar dia segera terlelap. Alhamdulillah tak lama berselang adek akhirnya bubuk juga. Semoga besok-besok jam tidurnya bisa teratur lagi ya dek, semoga ini cuma sementara aja, penyesuaian setelah adek sempat sakit kemarin. Dan semoga adek sehat selalu ya Nak ❤.

Leave a Reply