6 Tips Beserta Rekomendasi Memilih Buku untuk Bayi

Upaya memaksimalkan kecerdasan intelektual anak sebaiknya dilatih sedari bayi. Salah satu cara yang mudah dilakukan adalah dengan mengajak bayi membaca bersama. Orangtua secara bergantian bisa membiasakan kegiatan membaca disela-sela waktu bermainnya. Tentunya agar bayi dapat merespon secara antusias dan anti bosan, kita bisa memainkan intonasi suara dan mimik wajah, layaknya pendongeng saat membacakan buku pada anak.

Ada banyak jenis buku yang bisa coba kita kenalkan pada anak usia bayi (0-1 tahun), baik itu buku cerita dongeng, cerita kegiatan keseharian, ataupun buku pengenalan terhadap agama, lingkungan, serta alam. Nah, kali ini aku kan berbagi tips memilih buku untuk anak bayi yang bisa Mommy gunakan untuk merangsang kecerdasannya, baik kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan spiritual (SQ), maupun kecerdasan emosinya (EQ).

  1. Pilih buku yang memuat lebih banyak gambar daripada tulisan, dan pastikan gambar tercetak besar dan jelas untuk dilihat oleh bayi.
  2. Pilih buku bergambar warna-warni. Selain menarik minat bayi, hal ini juga melatih indera penglihatan serta menstimulasi otak bayi.
  3. Sebaiknya pilih buku yang tidak gampang robek, bisa dalam bentuk boardbook atau buku yang terbuat dari kain (buku bantal). Mengingat bayi seringkali ingin menggigit dan menarik-narik bukunya.
  4. Sesuaikan buku dengan tahap usia dan perkembangannya. Bila sejak usia 3 bulan telah mulai dikenalkan, maka ada peningkatan pengenalan bacaan pada usia selanjutnya.
  5. Pastikan buku berbahan dan berbentuk aman bagi bayi. Buku dengan bahan boardbook namun memiliki ujung yang runcing dikhawatirkan dapat mencederai bayi saat ia memegangnya sendiri.
  6. Senantiasa dampingi bayi saat kita memberikan buku padanya. Karena ia masih belum bisa membaca sendiri pastinya, dan ingat bahwa buku hanyalah sebuah objek, stimulasi utama datang dari kita para orangtua saat membaca dan menceritakan isinya.

img_20180306_210617_097625561165.jpg

Kali ini yuk kita intip koleksi buku bayi (boardbook edition) yang sudah dikenalkan pada Yusuf, siapa tahu juga bisa jadi rekomendasi Mommy menstimulasi buah hati! 😉

  • “The Artist Who Painted A Blue Horse” karya Eric Carle. Buku ini bercerita tentang seorang seniman hebat yang melukis banyak hewan. Uniknya, hewan-hewan yang digambarkan memiliki warna-warna mencolok dan berbeda dengan warna asli hewan pada kenyataan, seperti halnya kuda berwarna biru ini. Buku ini sangat bagus untuk merangsang daya imajinasi anak.

  • “A Photographic Learning Book”.
    Ketiga seri buku ini terdiri dari buku dengan tema “colors” yang mengenalkan aneka warna, “numbers” mengenalkan angka, serta “letters” yang mengenalkan terbentuknya kata dari huruf abjad. Buku ini sangat menarik karena didominasi gambar-gambar berwarna yang menarik minat anak.

  • Serial Buku Kain

Buku ini merupakan serial buku bayi yang juga biasa disebut dengan buku bantal, lantaran bentuk dan teksturnya yang empuk mirip bantal. Berbahan kain polyster dan isian silikon yang nyaman dan aman dipegang oleh bayi.

Nah, itu tadi beberapa tips dan rekomemdasi buku bayi yang bisa Mommy pilih untuk si kecil. Semangat mengenalkan cinta literasi sejak dini ya, Mom! Bonusnya sekali

Leave a Reply