5 Rekomendasi Kuliner Enak, Murah, dan Asyik di Kota Probolinggo

Halo Mom! Kali ini aku akan kasih rekomendasi tempat jajan dan makan enak, tapi masih tergolong murah di kota Probolinggo. Memang sih, aku termasuk pendatang di kota ini dan belum sepenuhnya mencicipi restoran, rumah makan, warung, kedai pinggiran, ataupun semua jajanan kaki lima di Kota Probolinggo. Tapi dari kurang lebi satu tahun di kota yang terkenal sebagai salah satu penghasil mangga ini, aku dan keluarga sudah menemukan beberapa tempat oke, enak, dan cukup murah buat jadi rekomendasi Mommy dan keluarga jika sedang jalan-jalan kesini.

Nah langsung aja ya, ini dia 5 rekomendasi kuliner enak dan murah di Kota Probolinggo:

1. Siomay depan Stasiun Kota Probolinggo

Aku nggak inget pasti sih merk dagangan siomaynya, yang pasti lokasinya ada di depan alun-alun kota Probolinggo, tepat di depan stasiun Kota Probolinggo juga. Abang siomaynya jualan pakai gerobak, yang aku perhatiin beberapa bulan terakhir ini udah dirombak jadi lebih eyecatching, (cieeh perhatian kan aku, tapi sama gerobak siomaynya :p).

Udah setahun kira-kira aku langganan beli siomay disini. Pernah sih nyobain siomay yang katanya juga jujugan orang-orang, tapi tetep fall in love sama rasa siomay yang satu ini. Kira-kira apa yang beda dengan siomay lainnya? Rasa! Tentu aja ini yang utama, selain harga, dan kebersihan loh ya! Nah siomay ini berasaa banget ikannya, pokoknya enak banget deh! Isinya juga sama kok seperti isian siomay pada umumnya, yaitu yang beda adalah rasanya yang menurutku dan suami, enak! Harga siomay juga cukup murah, cuma Rp10.000,- aja udah bisa nikmatin seporsi somay endes ini. Siomay bisa dimakan di tempat, karena memang disediakan tempat duduk untuk pembeli, dibungkus pun juga bisa. Oh ya di gerobak siomay abangnya sih aku jug abaca, kalau sekarang si Abang juga menerima pesanan dalam jumlah besar.

Nah, buat kamu yang mungkin berkesempatan jalan-jalan di alun-alun kota Probolinggo atau turun di Stasiun Kota Probolinggo, wajib cobain nih siomay!

2. Bakso Kikil Tenes Pak Noto

Bakso ini terletak di Jalan Citarum, Curahgrinting Kanigaran, Kota Probolinggo. Tempat ini buka setiap Senin sampai Sabtu, dari pukul 09.00-21.00 WIB, tapi karena ramai pengunjung, kadang sore hari sudah ludes kikilnya. Aku dan keluarga cukup sering membeli bakso disini. Alasannya memang karena rasanya yang enak, juga harganya yang kurasa sangat murah. Cukup merogoh kocek Rp14.000,- Mommy sudah dapat seporsi bakso lengkap dengan kikilnya. Seporsi aja udah kenyang karena menurutku cukup banyak. Nggak nyangka harga segitu dapat isian bakso dan kikil yang banyak. Baksonya juga bakso daging sapi asli, bukan yang kenyal kanji loh ya! Oh ya, disini juga ada varian camilan pendamping bakso seperti sate telur puyuh dan sate usus. Tempatnya pun cukup bersih dan nyaman.

3. Terangbulan Keju Lebaksiu

Sejak awal mencoba terangbulan ini, langsung jatuh cinta sama rasanya! Terutama yang favorit adalah terangbulan original keju. Hwaah lumer banget hangat-hangat masuk ke mulut. Rasanya sih pas makan terambulan ini nggak mau berhenti nambah, hehe. Jadi aku nemuin lapak terangbulan dan martabak ini ada di teras Indomaret depan MAN 2 Kota Probolinggo. Sampai sekarang masih terus jadi langganan dan nggak pindah ke lain hati. Tiap beli terangbulan pasti kesitu, menu yang dibeli pun tetap, terangbulan original keju. Coba deh, pasti nagih!

4. Café AAA

Nah kalau tempat makan satu ini kebetulan aku temuin bareng suami pas kami mau nyuciin mobil malam-malam. Jadi niat awal cuma mau nyuciin mobil yang penampakannya dekil abis nggak karuan. Secara nggak sengaja, pas kami mau nungguin di ruang tunggunya, eh ditawarin kalau di atas ada cafenya. Naiklah kita buat nunggu sekalian ngemil disitu. Dan ternyata aku dan suami sukaaak banget sama konsep yang diusung sama cafe ini. All in lengkap deh ada disini. Jadi yang lagi nyuciin mobil nggak bakalan boring karena lengkapnya fasilitas yang disediain sa pihak pengelola. Cafenya itu unik, karena disini mereka mengusung tema otomotif. Furnitur, miniatur, dan berbagai hiasan menggambarkan nuansa otomotif banget! Kursi dan bangku pun didesain unik, misalnya ada yang bentuknya jok vespa, jadi seakan-akan kita makan sambil mengendarai vespa. Tempatnya cozy dan instagramable banget deh, cocok buat tongkrongan anak muda zaman now, hihi. Harga makanan dan minuman yang dijual pun bervariasi, yang pasti masih tergolong ramah di kantong.

Ada juga mini playground di dalam cafe yang ngebantu banget buat Mommy yang bawa balita macam aku. Jadi selama nunggu, si kecil bisa diajak main di area tersebut. Oh ya, ada butiknya juga loh di dalam cafe, bisa sambil cuci mata sekalian ajak papanya belanja nih, Mom! 😝

Selain itu tadi, di cafe AAA yang juga memiliki area pencucian mobil, ada fasilitas mushola dan toilet yang bersih. Nah, kalau tertarik pergi kesana, alamat AAA Cafe & Carwash ada di Jalan Pahlawan No. 17, Tisnonegaran, Kanigaran, Kota Probolinggo.

5. D’Bell Pepper Cafe

Cafe ini letaknya ada di pusat kota Probolinggo, tepatnya di Jalan Suroyo No.1, Tisnonegaran, Kanigaran, Kota Probolinggo. Buka mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam, cafe ini juga termasuk tempat kuliner yang layak Mommy coba! Menu yang ada di cafe ini banyak variasinya, mulai western food semacam pizza dan berbagai varian pasta, ada juga masakan China maupun Jawa, dengan harga yang bisa dibilang lumayan murah untuk ukuran cafe kece! Jadi kalau pas ngajak keluarga atau teman yang selera makanannya beda-beda, nggak perlu kawatir deh.

Ngomoning soal suasana dan tempatnya? Nyaman banget! Berbagai bentuk meja dan kursi makan bisa dipilih sesuai kebutuhan, ada yang seperti sofa, dudukan santai melingkar, di lantai atas juga ada meja dan kursi makan yang semi formal, cocok untuk kegiatan gathering atau jamuan makan. Oh ya, buat yang pengen makan sekaligus dapat view yang instagtagrammable, di cafe ini sekarang juga ditambahkan area outdoor di lantai duanya. Suasanya maniiis banget, karena berhiaskan kerlap-kerlip lampu dengan pemandangan jalanan kota Probolinggo secara langsung. Ngobrol sambil makan di area ini makin asyik karena diiringi pertunjukan live music!

Itu tadi 5 rekomendasi tempat kuliner dengan rasa makanan yang enak, harga yang murah, dan tempat asyik sekaligus nyaman. Jangan lupa cobain ya saat kamu singgah di Kota Probolinggo! 😊

Leave a Reply