5 Fitur Kece di Aplikasi iPusnas, Ibu Pembelajar Wajib Tahu!

Buku adalah jendela dunia, sedangkan membaca adalah kuncinya. Barangkali pepatah tersebut sudah tak asing lagi di telinga kita. Membaca menjadi salah satu aktivitas penting untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Sebagai seorang ibu, kegiatan ini memiliki peran penting untuk bekal menjalankan perannya secara profesional.

Di era yang serba digital ini, segala informasi sangat mudah kita dapatkan dalam genggaman. Membaca pun juga dapat kita lakukan kapanpun dan dimanapun melalui media gawai. Bagi sebagaian orang, membaca melalui ponsel atau tablet bahkan dianggap sebagai kegiatan membaca yang praktis dan lebih ekonomis.

Salah satu aplikasi membaca terpopuler yang bisa Mommy gunakan untuk memperoleh buku bacaan bervariatif secara gratis adalah iPusnas. Kira-kira sudah kenal belum hayoo Mom dengan aplikasi kece ini?! Aplikasi ini sudah dirilis sejak tahun 2016 loh. Tapi buat Mommy yang belum pernah nyoba atau belum kenal sama sekali, tenang aja kali ini bakal aku review salah satu aplikasi yang wajib dimiliki sama bookhunter. Wanna know more Mom?! Check this out!

Kemudahan Membaca dalam Genggaman

iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis perangkat mobile, atau biasa disebut dengan e-mobile library, yang dipersembahkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dengan menggunakan iPusnas, Mommy bisa mengakses koleksi digital Perpusnas kapan saja dan di mana saja. Mommy juga bisa meminjam dan menyimpan buku favorit ke dalam gadget atau komputer loh!

Walau sudah lumayan lama dirilisnya, aku pun baru memanfaatkan iPusnas sekitar 1 tahun yang lalu atas rekomendasi sahabatku. Untukku yang suka membaca, senang sekali rasanya ada wadah yang menyediakan berbagai bahan bacaan berkualitas ini. Koleksi bukunya selalu bertambah loh Mom. Bukan hanya buku-buku lama yang beberapa sudah susah dicari, buku baru yang lagi booming pun ada! Novel, komik, buku agama, buku anak, pendidikan, keluarga, arsitek, budaya, dan masih banyaaak sekali kategori buku lainnya yang bisa dipinjam di sini. Karena memang koleksi jumlah bukunya lebih 20.000 judul buku. Hwah nggak bakal kehabisan bahan bacaan lagi deh Mom!

Koleksi Bacaan Beragam dengan Tampilan Maksimal

Uniknya lagi, selain sebagai penyedia layanan perpustakaan digital, iPusnas juga dilengkapi fitur-fitur media sosial. Dengan begitu Mommy bisa terhubung dan berinteraksi dengan sesama pengguna maupun komunitas lainnya. Kita juga bisa belajar membuat review buku dengan memberikan rekomendasi dan membagikan ulasan buku yang sedang kita baca. Layaknya menggunakan media sosial pada umumnya, kita juga bisa menambah teman dengan saling follow loh!

Apa saja sih fitur-fitur yang terdapat di aplikasi iPusnas? Berdasarkan informasi yang aku dapat dari laman aplikasi iPusnas, dalam iPusnas sendiri terdapat beberapa fitur unggulan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Koleksi Buku

Merupakan fitur yang mengantarkan kita untuk menjelajahi ribuan judul ebook yang ada di iPusnas. Disini Momny bisa memilih judul yang diinginkan, kemudian pinjam, dan baca secara gratis!

2. ePustaka

Fitur unggulan iPusnas yang memungkinkan Mommy bergabung menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital dengan beragam koleksi bukunya masing-masing. Di bulan November 2018 ini, ada ePustaka dari koleksi bacaan beberapa tokoh terkenal di Indonesia loh.

3. Feed

Dengan fitur ini, kita bisa melihat semua aktivitas pengguna iPusnas lain, seperti informasi buku terbaru, buku yang dipinjam pengguna lain memberikan komentar.

4. Rak Buku

Merupakan rak buku virtual milik kita sendiri, yang menyimpan semua riwayat peminjaman buku kita, sehingga memudahkan kita untuk membaca buku yang telah dipinjam.

5. eReader

Fitur ini akan membuat gawai (gadget) Mommy bisa membaca ebook dengan mudah dan nyaman di dalam aplikasi iPusnas,

Nah, gimana Mom?! Setelah kenalan sama aplikasi membaca populer ini, masa Mommy masih ragu buat nyobain?! Baca buku terasa lebih seru dan sangat mudah loh dengan iPusnas ini! Untuk Mommy yang baru akan mencobanya, tinggal unduh aplikasi iPusnas melalui Google Play (ponsel android), Appstore (ponsel iPhone), atau desktop komputer/laptop.

Bisa Juga Digunakan melalui PC

Jika sudah diunduh, Mommy tinggal registrasi sebagai anggota dengan memasukkan data diri dan email. Setelah itu, bebas deh untuk mengakses beragam koleksi buku digital milik Perpusnas. Oh ya, maksimal 3 buku yang bisa kita pinjam secara bersama-sama, dengan durasi pinjam 3 hari. Jika belum selesai membacanya, Mommy bisa melakukan peminjaman ulang buku tersebut. Selamat dan semangat membaca ya Mom!

Sumber gambar : iPusnas.id

#IbuProfesional
#BundaSayang
#Level12
#Keluarga Multimedia

2 comments

  1. Wah, saya baru tahu jika Perpusnas punya aplikasi ini. Aih, kemana aja saya ini? Haha.
    Makasih banget infonya, Mba. Mau registrasi ah!

    • Hwah senengnya mbak Alaika mampir kesini 😍. Iyaa mbak lumayan pakai iPusnas bisa dapat banyak koleksi bacaan gratis 😍

Leave a Reply