Bepergian Bersama Batita? 5 Barang Ini Jangan Sampai Ketinggalan!

Membawa anak batita (bayi di bawah usia 3 tahun) untuk bepergian merupakan sebuah tantangan tersediri bagi sebagian Mommy. Apalagi jika membawa sang anak untuk keluar rumah dalam durasi waktu yang cukup lama dan jarak yang cukup jauh dari rumah. Mood sang anak batita yang bisa berubah-ubah, tingkah polah yang kadang tak terprediksi, atau aktifnya anak di masa usia ini hanyalah sebagian tantangan yang kadangkala dihadapi para Mommy. Oleh sebab itu, persiapan matang sebelum bepergian harus dilakukan agar perjalanan yang Mommy lakukan dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Berikut 5 barang yang biasa aku bawa dan harus ada dalam tas saat mengajak si kecil bepergian, antara lain adalah:

1. Perlengkapan ganti popok

Perlengkapan ganti popok merupakan paket bawaan yang tidak boleh ketinggalan. Agar dapat tersimpan rapi dalam tas, Mommy bisa mengemas diapers, tissue basah dan kering, minyak telon, dan plastik sampah pada satu wadah khusus sebelum dimasukkan ke dalam tas.

2. Baju ganti

Di usai batita, anak sedang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap berbagai hal. Ditambah dengan tingkah polahnya yang aktif, kadang kala kegiatan yang ia lakukan akan membuat pakaian yang ia kenakan menjadi basah dan kotor. Maka disinilah keberadaan baju ganti amat dibutuhkan. Sebaiknya Mommy membawa minimal 2 baju ganti untuk berjaga-jaga.

3. Apron menyusui / kain

Sebenarnya apron menyusui ini bersifat kondisional. Kebetulan aku terbiasa membawanya sejak si kecil masih bayi hingga sekarang (usia 16 bulan). Jika tidak ada apron menyusui, bisa membawa kain yang dapat menggantikan fungsinya. Kain juga sewaktu-waktu dapat digunakan sebagai alas tidur atau selimut baginya.

4. Mainan favorit

Agar si anak tidak bosan saat menemani kita menghadiri acara atau saat masih dalam perjalanan. Mainan favoritnya akan sangat membantu untuk mengalihkan perhatiannya sejenak dan membuatnya asyik bermain sendiri.

5. Bekal Makanan dan minuman

Terkadang si kecil akan lebih rewel saat ia dalam kondisi lapar. Untuk mengantisiasinya, selalu bawa bekal makanan sendiri dari rumah. Tak harus makanan yang berat-berat, snack berupa biskuit sehat ba menjadi pilihan Mommy. Bawakan juga sebotol minuman air putih atau jus favorit. Hal ini dapat membuat Momny lebih hemat dan bisa memastikan kehigienisan makanan dan minuman yang dibawa sendiri.

Leave a Reply