3 Hal Penting Sebelum Menentukan Nama dan Alamat Blog

Ada banyak alasan saat seseorang mulai menulis blog, begitu juga halnya saat memberi nama pada blog yang dimilikinya. Memberi nama pada blog bisa dibilang sebagai pekerjaan yang gampang-gampang susah. Gampang karena pada dasarnya nama apapun bisa dan bebas kita gunakan pada blog pribadi kita. Dibilang susah, yaa lumayan susah juga karena tidak sedikit yang awalnya galau, bingung mau memberi nama apa yang sesuai pada blog yang telah dimikinya.

Ada 3 hal penting yang harus kamu lakukan sebagai pertimbangan, sebelum akhirnya menentukan nama paten untuk blogmu, antara lain adalah:

1. Tinjau kembali tujuan kamu membuat dan menulis blog

Hal ini sangat penting karena nama blog secara tidak langsung akan merepresentasikan apa isi dari blog kita, dan selanjutnya juga akan memengaruhi cara kita menulis berdasarkan tema blog yang kita pilih. Misalnya memilih blog dengan tujuan menginformasikan buku-buku inspiratif, bisa menggunakan kata “buku” sebagai awalan nama. Jika ingin membuat blog tentang makanan, bisa menggunakan kata “kuliner” sebagai nama awal.

2. Buatlah nama / alamat blog yang mudah diingat

Sebaiknya pilihlah nama / alamat blog yang tidak terlalu panjang dan susah untuk diingat. Pilih kata-kata yang familiar, semakin pendek akan semakin baik. Jika blog tergolong personal brand atau lifestyle blog, bisa menggunakan nama pribadi sebagai alamat blog yang akan dibuat.

3. Stay with your url

Konsisten dengan nama dan alamat blog yang telah kita buat. Jangan sering-sering mengganti alamat blog, karena akan berpengaruh pada traffic pembaca blog, juga SEO yang selama ini telah dibangun.

Itu tadi 3 hal penting yang perlu kamu lakukan sebelum akhirnya menentukan nama paten untuk blogmu. Kalau disini, lelysejati.com aku mengambilnya dari namaku sendiri. Nama ini juga aku pakai di berbagai media sosialku, biar matching gituu ceritanya hehe. Kenapa aku pakai nama ini untuk alamat url blogku? Karena memang isi blog ini menggambarkan aspirasi dari pikiran, unek-unek, pengalaman, pengetahuan yang ingin dibagi, dengan sudut pandang seorang Lelysejati. Mommy adalah target utama pembaca blog ini, meski bapak-bapak, oom, kakak, kakek pun juga boleh kok nongkrongin blog ini, hihi. Maka dari itu, Hi Mommy! menjadi tagline yang kugunakan sebagai pembuka blog.

Nah, kira-kira kalau kamu, sudah menemukan inspirasi nama dan alamat blog yang sesuai belum?!

Leave a Reply