3 Cara Memaksimalkan Fungsi Media Sosial untuk Mendukung Aktivitas Blogging

Memiliki akun media sosial di era milenial seperti ini sudah menjadi kebutuhan yang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan keseharian. Dari yang tua, muda, anak-anak hingga dewasa banyak banget yang sudah melek teknologi internet dan berlomba-lomba membuat akun media sosial. Kalau nggak punya, bisa dibilang nggak gaul, ketinggalan jaman, kudet alias kurang update, atau bisa jadi dibilang gaptek (gagap teknologi). Hellooow, sepenting dan seharus itukah memiliki akun media sosial? Emang dosa ya, kalau sengaja nggak punya?!

Ya memang sih, punya ataupun tidak punya akun media sosial, memilih untuk aktif atau tidak di media sosial, merupakan hak setiap orang. Tapi menurutku sayang banget nih, kalau di era perkembangan teknologi yang sangat pesat ini kita memilih untuk tidak memanfaatkan keberadaan media sosial. Di sisi lain, kalau sudah punya akun media sosial, tapi malah nggak bisa bijak menggunakan, yang ada malah akan merugikan. Kok bisa?! Karena media sosial bagaikan candu, bikin mata betah melekan, lupa waktu, lupa tujuan, lupa mau ngapain sebenernya buka itu media sosial, lupaa deh sama hal-hal lain karena asyik scrolling timeline media sosial. Hayoo siapa yang kayak gini Mom?!

Nah, daripada akun medsos cuma dibuat untuk stalking, Mommy bisa menggunakannya untuk mendukung kegiatan blogging yang kita lakukan loh, dengan cara:

  1. Memasang fasilitas berbagi tulisan pada halaman blog dengan berbagai akun media sosial yang kemungkinan dimiliki oleh pembaca
  2. Mempromosikan tulisan blog melalui postingan status, foto, atau cuitan pada media sosial
  3. Memasang link url blog pada biodata akun media sosial yang dimiliki, demikian pula sebaliknya kita pasang juga link media sosial kita pada halaman blog.

Manfaat yang dapat kita peroleh apabila melakukan optimasi penggunaan media sosial sebagai pendukung kegiatan blogging ini adalah:

  1. Dapat membantu menaikkan traffic pengunjung pada blog maupun media sosial yang kita miliki.
  2. Mudah untuk saling berteman dan berinterasi di media sosial bagi sesama blogger.
  3. Dapat meraih jangkauan pembaca blog lebih luas dengan seringnya berbagi link alamat dan url tulisan blog di media sosial.
  4. Kemungkinan mendapat penawaran job review lebih besar karena sebagian perusahaan / pencari job review, karena seringkali mereka memilih blogger yang aktif di media sosial untuk melakukan kampanye melalui platform media sosialnya.

Leave a Reply